Puncak Hujan Lebat di Bengkulu Berpotensi Masih Akan Terjadi Hingga Januari 2023

Dyah Rizki, Prakirawan Cuaca BMKG Fatmawati Soekarno Bengkulu

BENGKULU – Cuaca buruk masih akan terus melanda sejumlah wilayah di Provinsi Bengkulu. Terutama hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir masih akan terjadi hingga beberapa hari ke depan.

“Berdasarkan data hari ini, dari tanggal 17 Oktober sampai 19 Oktober 2022, itu diperkirakan berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat di wilayah Bengkulu, mulai dari Mukomuko sampai Kaur mulai dari siang hingga dini hari,” ungkap Dyah Rizki, Prakirawan cuaca BMKG Fatmawati Soekarno Bengkulu.

Tak hanya itu, bahkan berdasarkan prediksi BMKG Fatmawati Soekarno Bengkulu, hujan deras itu berpotensi bakal terjadi hingga bulan Januari tahun 2023 mendatang.

“Bengkulu sendiri puncak hujannya mungkin tidak terlalu terlihat karena batas antara musimnya tadi tidak begitu terlihat, sehingga untuk potensi dari perkiraan itu sendiri kita lihat di Oktober, November dan Desember hingga Januari curah hujannya tergolong tinggi,” lanjut Dyah.

Dyah menyebut, hujan lebat tersebut khususnya bakal terjadi di wilayah pegunungan, seperti di Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Kepahiang dan Bengkulu Utara serta Kabupaten Kaur.

Hujan terjadi akibat adanya pusat tekanan rendah yang terjadi di perairan Barat Sumatera kemudian ditambah adanya tekanan rendah di wilayah Kalimantan sehingga menyebabkan adanya belokan serta korvegensi di Bengkulu dan  terjadi pertumbuhan awan menjadi meningkatkan.

Selain hujan lebat, Bengkulu juga masih berpotensi terjadi gelombang laut yang tinggi mencapai 2,5 meter, wilayah perairan Bengkulu, Enggano dan Sumatera Barat Daya Bengkulu.

Masyarakat diimbau tetap waspada terhadap cuaca buruk yang masih berpotensi terjadi tersebut, khususnya masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana dan warga yang tinggal di pinggir laut.

Baca Juga
Tinggalkan komen