Logo

Puan : Wisata Sejarah harus Jadi Destinasi Lawatan


KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov)Bengkulu, agar memanfaatkan potensi sejarah, yang ada. Hal ini dimaksudkan untuk menjadikan Bengkulu sebagai destinasi sejarah Indonesia.

”Bengkulu ini memiliki warisan bersejarah. Seperti Benteng Marlborough (Fort Marlborough), dan Rumah Pengasingan Bung Karno, yang merupakan tokoh Proklamator Indonesia,” kata Puan, Senin (15/5/2017).

”Ini yang harus dimanfaatkan sebagai destinasi lawatan sejarah,” sambung Puan.

Namun, terang Puan, jika kekayaan sejarah yang dimiliki ”Bumi Rafflesia”, tidak dimanfaatkan dengan baik maka obyek wisata sejarah tersebut tidak memiliki nilai sejarah yang akan menjadi ‘magnet’, kalangan wisatawan lokal maupun internasional.

”Sebenarnya wisata sejarah bisa dijadikan ‘magnet’, untuk mengundang wisatawan dari luar, asalkan diberdayakan dengan baik,” terang Puan.

Pemprov Bengkulu, lanjut Puan, harus berperan aktif untuk mensosialisasikan kepada masyarakat, terlebih kepada siswa. Dalam arti untuk memahami peninggalan sejarah, yang dimiliki Bengkulu, dengan tujuan agar generasi tidak pernah melupakan sejarah.

”Generasi harus tahu asal muasal bangsa-nya. Ini dimulai dari mengenal situs sejarah yang ada di lingkungannya,” terang Puan.

Melalui pengenalan sejarah yang ada di Bengkulu, lanjut Puan, Pemprov dapat merevolusi mental masyarakat Bengkulu, dalam membangun Provinsi Bengkulu, kearah yang lebih baik.

”Dengan revolusi mental masyarakat tentunya akan menumbuhkan masyarakat yang sadar akan budaya, sejarah serta asal mula bangsa-nya,” tandas Puan.