Logo

Petani Berharap Harga Karet Seperti Dulu

bengkulunews.co.id – Mulai terlihat wajah sumringah petani di Kabupaten Kaur seiring dengan kenaikan harga karet. Meski demikian, petani masih sangat berharap harga karet bisa kembali seperti yang dulu, Rp 10 – 15 ribu per kilonya. Seperti diungkapkan Sulhan, seorang petani karet Desa Pagar Alam Kecamatan Padang Guci Hulu.

“Agar petani seperti saya ini dapat mempertahankan penghasilan dari karet dan bisa fokus menyekolahkan anak hingga ke perguruan tinggi serta dapat memenuhi standar kebutuhan kehidupan kami,” ungkap Sulhan.

Peningkatan harga karet akan berdampak pada jumlah panen petani. Dikatakan Toke Karet Desa Padang Genteng Kecamatan Kaur Selatan Min, dalam satu minggu ia bisa mengumpulkan 21 ton karet sebelum dibawa ke pabrik. Tapi jika harga normal kembali, di kisaran 10 sampai 15 ribu, ia yakin bisa menampung karet hingga 30 ton per minggunya.

Karet tersebut akan dibawanya ke salah satu pabrik di Kabupaten Bengkulu Tengah. Hal ini juga terkadang menjadi kendala, sebab memakan jarak tempuh yang jauh, yang tentu saja menambah beban operasional.

Karena itu Min berharap, ke depan ada pabrik karet yang beroperasi di Kaur. Selain bisa membantu petani, juga dapat menambah PAD Kaur. “Semoga Pemkab Kaur bisa mengundang investor untuk mendirikan pabrik karet,” tutur Min. (123)