Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Pesona Keindahan Pulau Tikus, Surga Kecil yang Wajib Kalian Kunjungi

Tangkapan layar, Google Earth

Terkenal dengan sebutan Bumi Rafflesia, Bengkulu menjadi salah  satu destinasi wisata unggulan di pulau sumatera. Tak hanya menjadi tujuan untuk melihat bunga Rafflesia Arnoldi, Bengkulu juga memiliki beragam tempat wisata alam yang menarik untuk dijadikan destinasi liburan di dalam negeri.

Bengkulu terdiri dari pulau-pulau, baik yang berpenghuni maupun tidak, serta lokasinya tidak jauh dari pusat kota, salah satunya yaitu Pulau Tikus pulau yang menawarkan keindahan alam bak surga dunia.

Pulau tikus merupakan salah satu wisata bahari yang cukup ngehits di kota Bengkulu. Terletak di sebelah barat Kota Bengkulu dan memiliki luas sekitar 2 hektar. Adapun jarak tempuh ke pulau ini yaitu kurang lebih 10 km dari pusat kota. Meski ukurannya kecil, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan.

Pulau Tikus memiliki karakteristik berupa karang yang mendominasi. Tapi, meskipun ukurannya kecil, banyak sekali hal yang bisa kamu lakukan untuk menghabiskan waktu di pulau ini. Seperti bermain pasir di pinggir pantai, berenang dengan ombak yang cukup aman, sampai snorkeling di bawah laut yang memiliki aneka ikan lucu dan terumbu karang yang indah.

Untuk menikmati keindahan bawah laut Pulau Tikus, kalian tak harus diving atau free dive dengan kedalamanan lebih dari dua meter bahkan berpuluh-puluh meter. Cukup mengapung di kedalaman satu meter saja kita sudah bisa menemukan batu karang berwarna-warni dan ikan-ikan termasuk nemo. Pulau Tikus yang menghadap langsung ke Samudera Hindia ini memiliki luas sekitar 100 meter persegi saja. Ada beberapa spot yang dianjurkan untuk ber-snorkeling. Untuk menjaga agar karang-karang tidak rusak, pengunjung diwajibkan menggunakan pelampung atau berenang dengan hati-hati tanpa menginjak karang.

Selain itu, kalian juga bisa memancing dengan menyewa kapal nelayan. Karena ada banyak sekali jenis ikan yang hidup di sekitar perairan pulau tikus ini dan diperbolehkan untuk dipancing serta di konsumsi oleh para wisatawan.

Jangan lewatkan juga untuk melakukan piknik. Piknik di Pulau Tikus bisa menjadi salah satu pilihan alternatif bagi kalian yang sekadar ingin menepi dari hiruk pikuk perkotaan dan jadwal sehari-hari yang menumpuk. Pulau ini memang indah, jadi kalian harus memanfaatkan untuk berswafoto. Aktivitas satu ini tentunya tidak boleh dilewatkan. mengabadikan momen indah tersebut melalui foto atau gambar bergerak, video.

Untuk menuju kesini, kamu bisa menggunakan transportasi yang ada di pantai bagian barat Kota Bengkulu. Seperti speedboat maupun kapal nelayan. Dengan waktu tempuh sekitar 45 menit menggunakan speedboat, dan 1 jam menggunakan kapal nelayan.

Di pulau ini, kalian tidak akan menemui akomodasi penginapan sama sekali. Luas pulau yang terlalu kecil dan juga jaraknya yang terbilang cukup jauh dari Kota Bengkulu membuat para penduduk di Bengkulu enggan mendirikan bangunan di pulau ini. Jika kalian memang membutuhkan akomodasi penginapan, kalian sebaiknya mencarinya di Kota Bengkulu. Ada banyak pilihan penginapan yang tersedia di Kota ini. Dari mulai hotel mewah hingga wisma berharga murah.

Baca Juga
Tinggalkan komen