Logo

Pemerintah Bakal Bagi-bagi Kompor Listrik Gratis

JAKARTA – Pemerintah berencana membagikan kompor listrik gratis pada 300 ribu rumah tangga yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Dilansir dari cnn.com Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Rida Mulyana menjelaskan, setiap rumah dalam daftar tersebut akan dibagikan satu paket secara gratis.

Paket tersebut terdiri dari satu kompor listrik, satu alat masak dan satu Miniature Circuit Breaker (MCB) atau penambah daya khusus untuk kompor listrik.

Program ini, kata Rida, diperkirakan akan menelan anggaran sekitar Rp540 miliar. Jumlah ini merupakan total dari harga kompor listrik yang berkisar R1.8 juta.

Kata dia saat ini daya yang bakal dibagikan sebesar 800 watt untuk dua tungku. Namun, ada masukan dari DPR agar dayanya dinaikkan menjadi 1.000 watt.

“Perencanaan awal, sama-sama dua tungku, awalnya 800 watt, sekarang mau dinaikkan lagi salah satunya 1.000 MW. Jadi biar masaknya lebih kencang (cepat),” kata Rida.

Jika perubahan daya dilakukan, maka kata Rida akan ada tambahan anggaran untuk satu paket kompor listrik. Misalnya, saat ini dengan daya 800 watt itu Rp1,8 juta, maka dengan daya 1.000 watt bisa mencapai Rp2 juta per paket.

“Cuma sekarang masih uji coba, ada usulan yang satu tungkunya dirubah lebih gede. Nah, masih dikalkulasi berapa harganya, harusnya kan enggak Rp1,8 juta lagi, pasti lebih naik, sekitar Rp2 jutalah,” tegasnya.