Bengkulu News #KitoNian

Pembangunan Infrastruktur di Pulau Enggano Dimulai

Gubernur Bengkulu saat meninjau Pulau Enggano. MC

BENGKULU – Kepala Bidang Infrastruktur Sumber Daya Air Kementerian Koordinasi Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (Kemenko Marves RI) Suraji mengungkapkan, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Bengkulu bisa memulai pembangunan jalan poros utama di Pulau Enggano Provinsi Bengkulu pada November 2022.

“Semoga di 2024 nanti jalan poros utama Pulau Enggano terbangun dengan baik, sehingga fungsi ekonomi juga akan tumbuh dan berkembang dengan baik,” ujarnya saat bertatap muka bersama Gubernur Bengkulu dan masyarakat Enggano, di Kantor Camat Enggano, Desa Apoho, Rabu (09/11).

Tujuan utama dibangunnya infrastruktur dasar dan telekomunikasi di Pulau Enggano adalah untuk memaksimalkan fungsi Pulau 3T. Selain itu untuk melindungi sumber daya alam yang ada dengan melibatkan masyarakat setempat.

Bengkulu Rohidin Mersyah menyampaikan, alasan Enggano mendapatkan perhatian serius memiliki 3 alasan penting, yaitu pertama, sebagai daerah strategis pertahanan nasional. Di mana jaminan kedaulatan bangsa Indonesia salah satu titik koordinatnya ada di Pulau Enggano.

Kedua, Pulau Enggano sebagai Pulau 3T dengan segala fungsi dan keberadaannya. Serta alasan yang ketiga karena rasa cinta dan keterpanggilan diri Gubernur Rohidin untuk mensejahterakan masyarakat Enggano yang selama ini selalu kurang diperhatikan oleh pemerintah.

“Jadi harus betul menjadi komitmen kita bersama untuk terus melanjutkan pembangunan di Pulau Enggano, tidak hanya berhenti hingga 2024 mendatang. Termasuk pembangunan 2 pelabuhan dan 1 bandara Pulau Enggano terselesaikan, sehingga semakin banyak wisatawan bahkan investor yang datang ke sini,” pungkasnya.

Enggano Jadi Lebih Maju

Camat Enggano Susanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemprov Bengkulu dan pemerintah pusat. Menurutnya, dengan pembangunan yang ada dan juga saat ini sinyal telepon dan internet di Pulau Enggano sudah 4G, pihaknya berkeyakinan Enggano ke depan akan semakin maju.

“Kami masyarakat Enggano menyampaikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada Bapak Gubernur yang telah beberapa kali mengunjungi Pulau Enggano dan melaksanakan apa yang diharapkan masyarakat dan saat ini sudah mulai diwujudkan. Tidak hanya sebagai Pulau 3T tapi saat ini Enggano juga telah menjadi kepulauan 4T yaitu T satunya lagi adalah pulau terpopuler,” jelasnya.

Dijelaskan Plt. Kepala BPJN Bengkulu Yohanis Tulak, sepanjang 32,82 Km Jalan Trans Enggano telah mulai dibangun sejak 1 bulan terakhir. Untuk tahap awal disiapkan anggaran dari APBN senilai 163 miliar rupiah lebih dan ditargetkan bisa selesai dilakukan pengecoran jalan hingga 13 Km.

“Pembangunan kita prioritaskan pada titik jalan yang rusaknya berat seperti di Desa Apoho dan di titik kritis lainnya seperti di wilayah Desa Kahyapu,” paparnya di hadapan Gubernur dan rombongan serta beberapa perwakilan masyarakat saat melakukan peninjauan jalan Trans Enggano. (Adv)

Baca Juga
Tinggalkan komen