Logo

Pejabat Negara dan Tokoh Nasional akan Hadiri Penandatanganan Pakta Integritas di Sport Center

BENGKULU, bengkulunews.co.id – Sebanyak 1.117 pejabat struktural dari eselon II, III, dan IV di lingkungan pemerintah provinsi Bengkulu akan menandatangani pakta integritas, Selasa, 01 Maret 2016. Penandatangan yang dilangsungkan di ruang terbuka lapangan Sport Center pantai panjang Kota Bengkulu, ini akan dihadiri para tokoh nasional.

Informasi terhimpun, sejumlah tokoh nasional yang hadir diantaranya, Ketua KPK Agus Rahardjo, Kepala BNN Komjen. Budi Waseso, Kepala Ombudsman Danang Girindrawardana dan Tokoh Anti Korupsi Mahfud MD. Selain itu, turut diundang para Pimpinan Media Nasional dan Pimpinan Media Lokal Bengkulu.

Gubernur Bengkulu, Dr H Ridwan Mukti MH kepada wartawan mengatakan, pakta integritas ini merupakan komitmen setiap pegawai negeri sipil untuk tidak korupsi, tidak narkoba, dan tidak berbisnis dalam jabatannya. Dilakukan di tempat terbuka, agar bisa disaksikan oleh masyarakat dan media massa.

“Pakta integritas bukan soal setuju atau tidak setuju dari pejabat Pemprov. Pakta integritas merupakan bentuk perintah yang wajib dilaksanakan. Soal sepakat tidak sepakat, inikan perintah,” kata mantan Bupati Musi Rawas yang sekarang menjadi Gubernur Bengkulu.

Menurutnya, dengan pakta integritas yang ditandatangani tersebut tentunya menjadi sebuah aturan bagi pejabat agar tidak melanggar sesuai dengan tertera dalam pakta integritas tersebut, jika melanggar maka siap-siap saja mendapatkan sanksi pencopotan dari jabatannya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menerangkan bahwa birokrasi yang harus dibangun saat ini adalah berbasis kinerja. Sehingga menuntut adanya manajemen birokrasi yang berkualitas.

“Tata kelola pemerintahan yang adaptif, kompetitif. Tentunya itu target, sehingga betul-betul tercipta birokrasi yang bersih dan profesional,” kata Wagub Rohidin.(101)