Logo

Pedagang Ikan Belum Berani Naikkan Harga, Takut Pembeli Kabur

BENGKULU – Harga jual ikan di Pasar Pantai Bengkulu masih terbilang normal meskipun saat ini kenaikan harga BBM berdampak pada sejumlah bahan pokok di pasaran.

Selain harga yang normal, hasil ikan dari para nelayan juga masih stabil. Nelayan dapat memenuhi jenis ikan yang biasa dijual oleh pedagang.

Saat ini pedagang masih menjual ikan dencis seharga Rp 30.000 RIBU perkilogram, ikan kape-kape Rp 35.000 RIBU perkilogram dan ikan kakap Rp 60.000 ribu perkilogramnya.

Diakui pedagang, mereka tidak menaikkan harga jual ikan lantaran takut pembeli kabur, meski omzet penjualan mereka berkurang.

Biasanya perhari pedagang dapat menjual ikan sebanyak 80 hingga 90 kilogram. Kini paling banyak hanya 50 kilogram saja yanh terjual.

“Kita kalau jual ke konsumen masih segitu-gitu lah. Belum ada naik. Cuma ke nelayan aja naiknya. Karena mereka beli BBM kini mahal,” kata Elnigusmawati, Rabu (21/09).

Sementara itu, jika dalam waktu dekat omzet mereka terus berkurang, tidak menutup kemungkinan pedagang ikan juga akan menaikan harga jual ikan untuk mengembalikan modal penjualan mereka.

Mereka berharap pemerintah dapat memberikan solusi terkait harga bbm tersebut. Karena selain mahal, saat ini BBM sulit didapatkan.