Bengkulu #KitoNian

Pasar Jangkar Mas Pulau Baai Selesai Dibangun

Foto, MC Pemkot Bengkulu

BENGKULU – Pembangunan Pasar Jangkar Mas di Kawasan Pulau Baai selesai dibangun. Di dalamnya terdapat 79 kios yang bisa ditempati pedagang. Pasar ini dibangun sejak 21 Agustus lalu.

Sekretaris Disperindagrin Kota Bengkulu, Firjoni Aprianto mengatakan, meskipun telah selesai dibangun, pasar ini belum bisa beroperasi lantarn masih menunggu dokumen hibah pemerintah pusat ke daerah.

“Meskipun telah rampung, kita belum dapat memastikan kapan Pasar Jangkar dapat beroperasi, sebab masih menunggu jawaban dari Kementerian Perdagangan RI agar dapat menyerahkan secara simbolis ke Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu,” jelasnya, Rabu (27/12/2023).

Pembangunan pasar seluas 600 meter tersebut dilakukan sebagai langkah untuk melengkapi pasar-pasar yang ada di wilayah itu. Sejauh ini, kata Joni, telah ada 60 pedagang yang menyatakan bersedia untuk menempati Pasar Jangkar Mas.

Sebelumnya, Joni mengaku, pembangunan pasar Jangkar pelabuhan Pulau Baai ini dipercepat. Ini dilakukan untuk memenuhi target Desember nanti selesai, sehingga pada awal tahun 2024 dapat beroperasi.

“Sesuai target kontrak kita itu selama 120 hari, hampir dua bulan progresnya semakin hari semakin membaik sehingga Desember nanti pembangunan ini harus selesai,” kata Firjoni kepada Bengkulunews.co.id, Jumat (03/11/2023).

Pasar ini memiliki 11 unit kios dengan ukuran 2×3, 14 unit lapak ikan dan ayam dengan ukuran 2×2 dan 54 unit gelaran peralatan/los dengan ukuran 2×2.

“Pedagang kurang lebih nanti disedikan ada 79 yang tercover kita relokasikan,” jelasnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen