Bengkulu News #KitoNian

Menjelang Ramadhan, Harga Sembako di Bengkulu Mulai Naik

Pasar Minggu Bengkulu. Foto, Gita/BN

BENGKULU – Ramadhan 1444 hijriah diperkirakan akan jatuh pada tanggal 23 Maret 2023. Seminggu sebelum memasuki bulan puasa, sejumlah harga sembako di Bengkulu mulai mengalami kenaikan.

Kiki (25) yang merupakan pedagang ayam potong di pasar minggu menuturkan, akhir bulan februari hingga awal maret harga ayam tergolong cukup murah yaitu diangka Rp. 25 ribu. Sedangkan untuk seminggu ini harga ayam sudah naik menjadi Rp.30 ribu, menurutnya harga ayam ini masih akan naik saat H-2 ramadhan.

“Kalo sekarang harga ayam baru naik sedikit di harga tiga puluh ribu, masih bisa dibilang harga normal. Kalau kemarin pernah sampai dua puluh lima ribu perkilo,” jelasnya Rabu (15/03/23) siang.

Kenaikan harga yang berangsur ini juga sudah mulai merambah ke harga minyak dan gula. Halimah (38) yang merupakan salah satu pemilik toserba di pasar minggu, juga menyampaikan kenaikan ini tidak terlalu signifikan. Seperti gula dan minyak yang naik Rp. 1.000 perkilonya.

“Untuk kenaikan sekarang ini baru beberapa saja yang mengalami penaikan, seperti minyak yang biasanya tujuh belas ribu sekarang jadi delapan belas ribu, ya sama gula juga seperti itu baru naik seribu,” ujarnya.

Berbeda dengan ayam, minyak, dan gula, harga bawang justru lebih melonjak tinggi lebih dari biasanya untuk bawang putih.

Rukati (40) ia menjelaskan kelonjakan harga bawang putih yang kini telah mencapai di harga Rp. 36 ribu perkilo dan bawang merah Rp.40 ribu perkilo, harga ini naik dari yang biasanya Rp 30-35 perkilo. Akan tetapi ia juga menlaskan bahwa harga ini masih akan naik saat Ramadhan. Pada Ramadhan tahun lalu harga bawang merah bahkan mencapai Rp.50 ribu perkilo.

“Bawang putih sekarang lumayan naik yah, sudah tiga puluh enam ribu perkilonya. Kalau bwang merah empat puluh ribu, tapi harganya masih akan naik nanti terlebih lagi bulan puasa bisa sampai lima puluh ribu perkilo untuk bawang merah saja,” pungkasnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen