Logo

Mengenal Lebih Dalam Management Key Opinion Leader, Cara Promosi Milenial

BENGKULU – Pada zaman saat ini berbagai bisnis telah menggunakan cara promosi tidak hanga lewat televisi tetapi juga media sosial dengan penyebaran lewat KOL. Nah agar anda lebih memahami lebih dalam apa itu KOL dan Management KOL, kita akan membedah istilah tersebut.

Key Opinion Leader (KOL)

Key Opinion Leader (KOL) bisa disebut influencer merupakan seseorang yang memiliki skill atau kemampuan dalam bidang tertentu dan memiliki pengaruh besar. KOL inilah yang nantinya akan mereview atau mempromosikan produk dari berbagai brand.

Biasanya mereka yang ingin menjadi influencer atau KOL harus memiliki follower minimal 1000 hingga ratusan ribu. Tentunya para KOL harus mahir dalam mereview atau menjelaskan suatu produk dan pintar mengambil gambar maupun video.

Tentunya gambar atau video yang diambil harus memiliki kualitas yang bagus, serta penjelasan menarik mengenai produk tersebut.

Jika KOL sudah tergabung dalam sebuah management mereka akan diberikan pilihan Job (pekerjaan) yang sesuai dengan kriteria. Mukai dari jumlah followers serta engagement rate (ER) media sosial.

Engagement rate sendiri digunakan untuk mengukur setiap konten yang diunggah oleh pengguna di sosial media baik Instagram maupun Tiktok. Jika hasil penghitungan ER berada di angka 3,5 hingga 6 persen lebih, maka nilai ER konten yang di unggah pengguna sangat tinggi.

Hal inilah yang dicari client atau brand untuk mempromosikan produknya, karena akun dengan ER sudah pasti memiliki viewers besar.

Setelah terpilih KOL akan dimasukkan ke dalam satu gru dan diminta untuk mereview produk sesuai dengan  brief (arahan) yang diminta client.

Juka sudah maka Management KOL akan membantu mengoreksi hasil review KOL. Jika ada kesalahan KOL wajib merevisi hingga benar. Tetapi jika sudah benar maka KOL akan diminta segera memposting hasil review tersebut.

KOL juga diminta untuk terus mengupdate inshigt atau analisis hasil konten review prodak yang mereka lakukan. Jika semua proses sudah terlaksana, maka KOL akan menerima fee atau gaji sesuai perjanjian.

Managemet KOL

Sedangkan management KOL merupakan wadah untuk membantu brand mencari KOL atau influencer. Selain itu management KOL juga berfungsi untuk mengatur inisiatif para influencer.

Management KOL juga bertugas untuk mengatur jalannya kerjasama agar permintaan client atau perusahaan terlaksana sesuai dengan brief/panduan. Managemen KOL juga harus menempa koneksi yang nyata antara perusahaan dan KOL dalam mempromosikan brand mereka.

Tidak hanya itu Management KOL juga harus memiliki jaringan koneksi yang luas agar dapat memberikan job (pekerjaan) bagi para KOL. Tentunya banyak proses yang harus dijalankan oleh Management KOL sebelum maupun setelah kerjasama terjalin.