Logo
Merawat Kuku

Lima Cara Merawat Kuku Agar Tetap Sehat dan Cantik

Kuku merupakan aset bagi para wanita, oleh karena itu sekarang sedang banyaknya salon kecantikan yang menyediakan jasa untuk perawatan kuku.

Tentu harga yang ditawarkan lumayan menguras dompet, namun tahukah anda bahwa merawat kuku bisa dilakukan sendiri di rumah loh.

Kali ini Bengkulunews.co.id agar berbagi beberapa cara merawat kuku agar sehat dan cantik.

1. Potong kuku secara teratur

Memotong kuku secara teratur dapat menghindari patahnya kuku. Kuku yang dipotong secara teratur juga dapat memperkuat kuku, selain itu kuku panjang juga berisiko pada kesehatan.

Setelah memotong kuku, usahakan agar ujung kuku digosok dengan lembut menggunakan bagian gunting kuku berigi. Agar mengurangi resiko lukanya kulit saat bersentuhan.

2. Pastikan kuku agar bersih dan kering

Dalam merawat kuku, usahakan untuk mencuci tangan setelah melakukan kegiatan. Kemudian pastikan mengerikan tangan, hingga ke kuku dan bersihkan sela-sela kuku dengan sikat lembut. Hal tersebut untuk mencegah infeksi bakteri dan jamur pada kuku.

Cara lain adalah anda dapat menggunakan sarung tangan karet, agar mencegah kuku terpapar bahan kimia keras dan berbahaya.

3. Oleskan vitamin atau pelembap pada kutikula

Gunakanlah vitamin atau pelembap pada kutikula, agar kuku tumbuh dengan sehat. Namun anda juga tidak boleh berlebihan dalam merawat kutikula. Jangan mendorong atau mengipas kutikula, karena bisa merusak dan membuag kuku terinfeksi bakteri dan jamur.

4. Tidak terlalu sering menggunakan kutek

Penggunaan kutek (cat kuku) memang membuat mempercantik kuku, namun jika berlebihan dapat merusak kuku. Kuku dapat menjadih lebih mudah rapuh, berikan jeda setidaknya seminggu sebelum anda menggunakan kembali cat kuku.

Hal penting lainnya adalah hindari penggunaan pembersih cat kuku yang mengandung aseton, karena dapat membuat kuku, kutikula dan kulit jari menjadi kering.

5. Komsumsi suplemen biotin

Merawat kuku agar terlihat cantik dan sehat dapat dilakuan dengan menjaga pola makan yang sehat pula. Anda tidak perlu mengkonsumsi apapun untuk menjamin kuku yang kuat. Akan tetapi jika anda memiliki kuku yang lemah, ada baiknya mengkonsumsi suplemen biotin. Suplemen ini bermanfaat untuk memperkuat dan menumbuhkan kuku.