Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Libatkan Tim Audit Independen, Pemkab Lebong Kembali Raih WTP dari BPK RI

Lebong – Pemerintah Kabupaten Lebong di bawah kepemimpinan Bupati Rosjonsyah berhasil pertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI Perwakilan Bengkulu selama 4 tahun berturut-turut.

Menariknya, raihan WTP di tahun ini berbeda dengan pemeriksaan yang dilakukan dari sebelumnya. Pasalnya, kali ini BPK melibatkan Kantor Akuntan Publik (KAP) untuk melakukan pemeriksaan, karena Pemkab Lebong sudah tiga kali berturut-turut meraih WTP.

Atas raihan tersebut, Bupati Rosjonsyah mengaku gembira karena pemeriksaan kali ini sangat berbeda. Selain itu, Pemkab Lebong juga menjadi satu-satunya kabupaten di Provinsi Bengkulu yang meraih Quattrick WTP.

“Memang WTP Pemkab Lebong ini sudah 6 kali. Namun karena 3 tahun berturut berhasil meraih WTP maka Kabupaten Lebong diperiksa oleh KAP yang ditunjuk oleh BPK sebagai tim independen, itu yang membedakan kita dengan kabupaten-kabupaten lain,” kata Rosjonsyah, Kamis (25/6/20).

Rosjonsyah pun mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan kerja tim mulai dari Sekda dan jajarannya, hingga seluruh OPD. Dan tentunya, kata dia, dukungan dari masyarakat Lebong sendiri.

“Predikat WTP ini membuktikan good governance di Lebong berjalan dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, BPK menyebut Opini WTP diberikan karena Pemkab Lebong telah menyajikan seluruh transaksi keuangan sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan. Kendati masih ada beberapa hal yang menjadi catatan dan perhatian yang harus ditindaklanjuti.

“Pemerintah Kabupaten Lebong telah menyajikan seluruh transaksi keuangannya itu sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan. Secara umum, dengan tingkat materialitas yang cukup maka opini Pemkab Lebong hari ini WTP. Kami berharap walaupun WTP, ada catatan segera ditindaklanjuti,” kata BPK.(okd)

Video

Home
Baca Juga
Tinggalkan komen