Logo

Lapas Khusus Anak di Bengkulu Cukup Tinggi se-Sumatera

BENGKULU – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bengkulu menyelenggarakan seminar nasional untuk Penerapan Diversi Terhadap Anak yang bermasalah dengan hukum dalam sistem Peradilan Pidana di salah satu hotel di Bengkulu, Selasa (12/02).

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bengkulu, Ilham Djaya mengatakan, Seminar Nasional tersebut diselenggarakan bertujuan untuk memberikan dorongan diversi pada sistem peradilan di Provinsi Bengkulu.

“Ya memang dibandingkan dengan daerah lain (Sumatera), Bengkulu memiliki tingkat hunian di Lembaga Penyidikan Khusus Anak (LPKA) yang cukup tinggi. Walaupun real angkanya tidak relatif besar, tapi kalau kita persentasi dengan jumlah penduduk provinsi ini yang ada di Sumatera kita cukup tinggi,” kata Ilham Djaya.

Lebih lanjut, ia berharap dalam pelaksanaan seminar ini dapat menekan jumlah anak yang masuk Lembaga Permasyarakatan (Lapas).

“Dengan catatan hukuman yang dijatuhkan dibawah 7 tahun dan bukan pengulangan tindak pidana,” ujarnya.

Ilham menambahkan, peran masyarakat sangat penting untuk mencegah serta berperan sebagai pelindung anak, seperti pencegahan.