Langkah Buat WhatsApp Web Blur Agar Chat Tidak Dilihat Orang Lain

Langkah Buat WhatsApp Web Blur Agar Chat Tidak Dilihat Orang Lain

Memberikan fitur seperti WhatsApp Web di PC maupun laptop, membantu mempermudah pengguna dalam pengaplikasian WA.

Sayangnya WA Web yang disajikan di PC maupun laptop, membuat beberapa pengguna kurang nyaman. Pasalnya semua chat maupun kontak pesan terpampang lebar dilayar, sehingga dapat dilihat oleh orang banyak.

Tentunya privasi pengguna akan terganggu, namun tenang saja ad acara untuk mengatasi masalah terseebut dengan memblur (kabur) percakapan agar tidak dibaca orang lain.

Pengguna dapat melakukannya dengan memanfaatkan ekstensi (extension) pada browser Google Chrome maupun Mozilla Firefox. Jika mengaktifkan ekstensi ini, percakapan WA Web bisa dibuat blur (kabur).

Bagian yang akan diblur adalah detail nama kontak, foto profil, hingga lampiran file dan gambar juga dapat disembunyikan. Jika pengguna ingin melihat pesan, bisa mengarahkan kursor mouse ke pesan tersebut. Berkikut langkah0langkah yang dapat diikuti pengguna, untuk mengaktifkan ekstensi :

Google Chrome

  1. Unduh file ekstensi melalui tautan berikut https://chrome.google.com/webstore/detail/privacy-extension-for-wha/jbojhlhhggfmmkpefknmbdhlaghehini/related .
  2. Setelah diunduh pengguna bisa menjalankan file untuk memasang ekstensi di browser Google Chrome.
  3. Jika ekstensi sudah terpasang, pengguna dapat membua WA web melalui Google Chrome.
  4. Maka secara otomatis ekstensi akan membuat tulisan percakapan di WA Web menjadi blur.

Selanjutnya pengguna dapat mengatur ekstensi, bagian mana yang ingin diblur. Contoh hanya nama kontak, foto profil kontak maupun lainnya. Caranya klik ikon berbentuk ‘Puzzle’ yang terletak pada menu bar browser.

Kemudian klik Privacy Extension for WhatsApp Web yang ditandai ikon bergambar mata. Jika ingin lebih mudah pengguna bisa menekan tombol kombinasi Alt + X pada WhatsApp Web. Jika ingin melihat pesan pengguna bisa menggeser kursor mouse.

Mozilla Firefox

  1. Unduh file ekstensi melalui tautan berikut https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/privacy-extension-for-whatsapp/ .
  2. Setelah diunduh pengguna bisa menjalankan file untuk memasang ekstensi di browser Mozilla Firefox.
  3. Jika ekstensi sudah terpasang, pengguna dapat membua WA web melalui Mozilla Firefox.
  4. Untuk mengaktifkan maupun mematikan fitur dengan mudah, dapat menekan tombol Alt + X pada WA Web.

Proses selanjutnya sama dengan penerapan ekstensi pada Google Chrome, pengguna dapat mengikutinya.

Baca Juga
Tinggalkan komen