Kontainer Sampah di Sekitar Panorama Dipindahkan ke Dalam Pasar

Kontainer Sampah di Sekitar Panorama Dipindahkan ke Dalam Pasar

Drs. Riduan. Foto, Gita/BN

BENGKULU – Dinas Lingkungan Hidup Kota Bengkulu memindahkan kontainer sampah di pertigaan Pasar Panorama ke dalam wilayah pasar. Pemindahan ini merupakan buntut dari penumpukan sampah oleh warga yang tinggal di sekitar pasar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bengkulu Drs. Riduan mengatakan, kontainer sampah ini akan dipindahkan ke dalam area pasar tepatnya di Eks-Terminal Pasar Panorama. Alasannya untuk mengurangi volume sampah dari warga sekitar.

“Setelah kami telisik, ternyata sampah itu bukan sampah pasar. Melainkan banyak sampah rumah tangga yang tinggal di lingkungan tersebut,” katanya pada Bengkulunews.co.id, Kamis (05/01/23) siang.

Sebelumnya kontainer sampah di pertigaan pasar panorama tersebut dikhususkan untuk para pedagang. Namun karena banyak penumpukan, lokasi ini akan dijadikan sebagai lapak baru untuk pedagang yang akan membuka kios.

“Bersama kepala UPTD pasar dan Disperindag, kita memindahkan satu kontainer tempat pembuangan sampah di dalam pasar dekat Eks-Terminal itu,” katanya.

Tindakannya ini dimaksud agar masyarakat tidak sembarangan membuang sampah di daerah tersebut.
Riduan sangat menyayangkan kondisi ini, di karenakan merusak wajah kota sekaligus mengusik pengunjung pasar Panorama, masyarakat sudah diimbau untuk membuang sampah sesuai dengan pengelolahan yang dilakukan pemerintah.

Ia menuturkan, bahwasanya kewenangan limbah rumah tangga dan sampah di lingkungan masyarakat sudah dikelola oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) atau masyarakat bisa berkoordinasi dengan pihak ke 3.

“Jadi kita mengimbau kepada masyarkat untuk mebuang sampah kepada tempatnya, sampah rumah tangga ini kita bisa berkoordinasi dengan LPM atau menggunakan pihak ke 3,” katanya.

Penulis : Zagita Allifya

Baca Juga
Tinggalkan komen