Logo

Kominfo Kota Kembali Ambil Peran Dalam Lomba Inovasi 2023

BENGKULU – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bengkulu kali ini masih menjadi bagian dalam persiapan lomba inovasi daerah atau Innovative Government Award (IGA) tahun 2023.

Diskominfo beserta tim inovasi dari Bappeda (leading sektor), memberikan sosialisasi sebagai pedoman kepada beberapa OPD termasuk sekolah yang ada di Kota Bengkulu. Kegiatan ini dilaksanakan di aula Dikbud.

Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan, Rosminiarty mengatakan bahwa lomba yang diadakan tersebut memang sengaja kembali melibatkan Diskominfo agar hasil berbagai konten inovasi saerah kembali membawa nama Bengkulu mendapatkan penghargaan terbaik IGA.

“Tahun 2023 ini kami libatkan Kominfo dalam pembuatan video inovasi dan sosialisasi IGA yang dilaksanakan secara maraton. Insya allah besok akan dilaksanakan ditingkat Puskesmas dan Kecamatan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan nilai inovasi di setiap OPD,” ujar Rosminiarty dilansir laman resmi Kota Bengkulu, Kamis (23/02/2023).

Sebelumnya pemerintah Kota Bengkulu telah melalaui beberapa tahapan pelasanaan sejak Januari 2023. Mulai dari rapat Evaluasi dan Koordinasi Tim Fasilitasi Inovasi Daerah, kemudian dilanjutkan rapat sosialisasi dan koordinasi tim pelaksana serta tim penilai bagi perangkat daerah pada Februari ini. Juga akan dilanjutkan tahapan lain hingga pelaksanaan lomba inovasi daerah yang dimulai dari April hingga Agustus mendatang.

Diskominfo diwakili Pranata Humas Ahli Muda, Hendri Akbar menjelaskan bahwa konten-konten yang mencakup video inovasi disetiap OPD harus menarik dan mudah dipahami. Sehingga penjelasan inovasi tersebut dapat tersampaikan melalui video-video singkat yang dikemas semenarik mungkin.

Terlebih saat ini sudah menginjak era digital seluruh lapisan pemerintah ditekankan agar dapat mempelajari teknologi, karena hal tersebut merupakan modal utama di zaman sekarang. Sehingga setiap daerah dari tahun ke tahun, mampu menampilkan inovasi terbaik melalui sejumlah konten.

Kemudian Ia juga membagikan berapa cara, dalam mengambil video dengan jelas dan benar. Mulai dari cara memegang handphone agar tidak goyang, hingga mengambil gambar dengan resolusi bagus.

Pada sisi editing Hendri menyarankan agar para audien yang terdiri dari Kepsek SD-SMP, dapat menggunakan aplikasi simple agar tidak membebani kapasitas penyimpanan handphone.

“Dalam pembuatan vidio nanti ada yang namanya proses editing. Nah bapak-ibu bisa menggunakan aplikasi yang simpel seperti Capcut, Inshot, VN video editor, dan sebagainya yang dapat membantu proses editing lebih cepat dan tak kalah dengan aplikasi pro lainnya,” demikian Hendri.