Logo
Dempo Xler

Kepala Sekolah Ancam Demo Gubernur

Kepala Sekolah Ancam Demo Gubernur

Muksir Ibrahim

SELUMA, bengkulunews.co.id – Kepala sekolah se-Kabupaten Seluma berencana akan dikerahkan guna menuntut kepastian pencairan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS).

“Bila sampai waktu yang telah ditentukan belum ada kepastian, kami akan mengajak para kepala sekolah untuk melakukan aksi demonstrasi mempertanyakan dana itu,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma, Muksir Ibrahim, Rabu (15/3/2017).

Langkah tersebut diambil karena saat ini sudah memasuki triwulan pertama, sementara kegiatan belajar-mengajar disekolah tetap berlangsung bahkan dalam tidak lama lagi siswa akan mengadakan ujian nasional.

Dijelaskan Muksir, sesuai prosedur pihaknya telah menyerahkan daftar penerima dana BOS untuk tahun 2017 serta telah melakukan pendaftaran melalui aplikasi Kemendiknas RI.

Selain itu, MoU antara Dinas Pendidikan kabupaten dengan dengan provinsi sudah dilakukan. Tinggal gubernur mengeluarkan Surat Keterangan (SK) alokasi dana BOS untuk Kabupaten Seluma.

“Menurut informasi dari Dispendik Provinsi Bengkulu bahwa draf SK sudah disampaikan ke Gubernur, tinggal di tanda-tangani saja. Sesuai aturan dari MoU menjadi SK hanya 14 hari,” tambah Muksir.

Sesuai Juknis, pencairan dana BOS dilakukan per-triwulan tetapi pembayarannya dilakukan pada awal bulan berjalan. Total dana BOS yang diajukan untuk siswa SD dan SMP sebesar Rp.26.421.200.000.

Pencairan dilakukan 20 persen untuk triwulan pertama, 40 persen (II) dan sisanya masing-masing 20 persen untuk triwulan III dan IV.