Logo

Kepahiang Eliminasi Malaria, Posmades Hingga Kader Kesehatan

bengkulunews.co.id – Kabupaten Kepahiang telah berstatus bebas malaria. Hal ini degan telah diterimanya sertifikat eliminasi malaria pada tahun 2014. Menangani penderita dan mencegah mewabah bahaya malaria, dinas kesehatan kabupaten mempunyai beberapa program.

“Kami telah mendapat sertifikat eliminasi malaria pada tahun 2014. Malaria secepat mungkin kita tangani, dilakukan dari tiap desa,” kata Hasyim Kasi Promosi Kesehatan dinkes Kepahiang saat di Seluma, pada Senin (25/4).

Ia menjelaskan, desa-desa pada Kabupaten Kepahiang telah ditetapkan Posmades. Yakni pos malaria desa, yang berfungsi sebagau pos kesehatan dan pusat sosialisasi penanganan penderita dan pencegahan malaria.

“Tanaman yang membantu penyembuhan malaria juga kita galakkan agar ditanam, warga bisa memanfaatkan sebagai apotik hidup,” terang Hasyim kepada bengkulunews.

Selain Posmades yang menjadi malaria centre di desa, masyarakat muda juga diberikan pengetahuan mengenai penanganan dan pencegahan malaria. Mereka menyebutnya kader kesehatan desa.

“Pastinya sosialisasi menciptakan lingkungan hidup yang bersih dan sehat, itu selalu dikampanyekan,” tutupnya. (122)