Bengkulu #KitoNian

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu Melakukan Sosialisasi Perluasan E- Paspor di SMAN 4 Bengkulu

Kantor Imigrasi Bengkulu

BENGKULU – Kepala Seksi Tikimkom, Irawan Widiarto, Kasubsi Informasi dan Komunikasi, Alfitrul Yunis, Kasubsi Teknologi Informasi, Indra Jaya Harahap dan jajaran melakukan Sosialisasi Perluasan E- Paspor di SMAN 4 Bengkulu.

Kepala Seksi Tikimkom, Irawan Widiarto menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan di sekolah menengah atas sebab siswa menengah atas memiliki kesempatan yang lebih luas untuk mempunyai paspor, yakni membuat paspor untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri, melakukan wisata, studi banding ke kampus luar negeri, ataupun melakukan ibadah di tanah suci.

Dalam sambutannya Irawan menjelaskan bahwa paspor ini merupakan identitas warga negara selama berada di luar negeri dan wajib dijaga dengan baik.

Acara dibuka dan diresmikan oleh Wakil Kesiswaan SMAN 4 Bengkulu, Fauzun.S.Sos sebagai perwakilan dari Kepala Sekolah.

Fauzun menyambut baik program yang dilakukan oleh Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu dan berharap agar kegiatan ini terus ada setiap tahunnnya.

Dalam sambutannya Fauzun berharap agar peserta didik menyerap ilmu sebanyak banyaknya dari sosialisasi.

Selanjutnya penyampaian materi oleh Kepala Subseksi Informasi dan Komunikasi, Alfitrul Yunis. Alfitrul menjelaskan hal keimigrasian. Dalam penyampaiannya dijelaskan mengenai persyaratan paspor, alur permohonan paspor, paspor biasa dan E-paspor serta kelebihan menggunakan E- Paspor.

Beberapa kelebihan menggunakan E-paspor yaitu penyimpanan data lebih akurat dan aman sebab data biometric pemegang paspor disimpan pada chip yang ada di cover paspor sehingga penyimpanan lebih aman, akurat dan lebih terjaga, yang kedua fasilitas keisitimewaan bebas visa untuk kunjungan singkat selama 15 hari di Jepang dan kecepatan dalam layanan autogate di bandar udara yang menyediakan fasilitas autogate imigrasi seperti di Bandara Soekarno Hatta dan Ngurah Rai Bali.

Selanjutnya sesi tanya jawab dipandu oleh Kasubsi Teknologi Informasi Indrajaya Harahap. Antusias siswa sangat tinggi dalam menanyakan hal yang berkaitan dengan keimigrasian.

Pelaksanaan Perluasan pelayanan E- Pasporpada 126 Kantor Imigrasi termuat dalam Surat Keputusan Direktorat Jenderal Imigrasi Nomor.IMI-0005.GR.01.02 tahun 2024.

Baca Juga
Tinggalkan komen