Logo

Kantor ATR/BPN Provinsi Bengkulu Masih Kekurangan Mesin Cetak Sertifikat Elektronik

Aulia Kurniawan, Kasubag Umum dan Humas

Aulia Kurniawan, Kasubag Umum dan Humas

BENGKULU – Kantor Wilayah Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasoinaol (ATR/BPN) Provinsi Bengkulu masih kekurangan alat Percetakan khusus untuk Sertifikat Elektronik di Provinsi Bengkulu.

Menindak lanjuti Peluncuran Layanan Sertifikat Elektronik kantor Pertanahan Kabupaten/Kota Provinsi Bengkulu pada tanggal 26 juni 2024, sudah diterbitkan sebanyak 26 Sertifikat baik dari hak pakai Pemerintah maupun hak milik dari masyarakat.

“Masyarakat bisa menggunakan Aplikasi Sentuh Tanahku dalam mengecek keaslian atas sertifikat tersebut, dan keunggulan Sertifikat Elektronik tersebut dijamin keamanannya dan blanko Sertifikat yang sudah dicetak itu anti air,” kata Aulia Kurniawan, Kasubag Umum dan Humas , Kamis (04/07/2024).

Aulia juga menyampaikan untuk masyarakat dalam menggunakan Aplikasi Sentuh Tanahku cukup mendownload atau menginstal melalui Play Store atau lainnya.

“Nah itu nanti akan diregistrasi sendiri dalam aplikasi Sentuh Tanahku atau langsung datang ke Kantor Pertanahan terdekat,” lanjut Aulia.

Serta dirinya juga menambahkan untuk kendala dari masyarakat dan pihaknya dalam aplikasi untuk Sertifikat Elektronik tersebut masih belum ada, akan tetapi untuk mencetakan Sertifikat itu sendiri masih banyak belum tersedia di Provinsi Bengkulu.

“Kita menggunakan cetak Printer itu khusus, baru tersedia 4 Printer percetakan itu ada di Kantah Mukomuko, Kantah Kaur, dan dua di Kantor Kanwil, jadi untuk kantor-kantor terdekat apabila ingin mencetak itu nanti ke Kanwil, karena ya untuk percetakan yang lain belum tersedia untuk printernya,” tutup Aulia Kurniawan.