Logo

Kades Suku 3 Harap Pembangunan Bronjong Dilanjutkan

KAUR, bengkulunews.co.id – Kades Suku Tiga Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur Jauhari berharap Pemkab Kaur melalui instansi terkait melanjutkan pembangunan bronjong di bantaran Sungai Nasal.

Sebab petani yang memiliki sawah di sekitar aliran Sungai Nasal kerap mengeluhkan terjadinya banjir akibat bronjong yang kurang memadai dan tidak mampu menahan arus air masuk ke sawah. Bahkan tidak jarang desa di sekitar aliran sungai pun kerap kebanjiran.

Dikatakan Jauhari, sebelumnya memang sudah dilakukan pembuatan bronjong, namun belum memadai dan juga belum sepenuhnya, terutama di hulu dan hilir jembatan.

Bronjong itu digunakan untuk pengamanan irigasi, pengamanan sawah, pengamanan BBI dan pengamanan pemukiman penduduk.

“Seyogyanyalah saya berharap semoga dinas terkait agar dapat melanjutkan pembangunan bronjong untuk seterusnya,” kata Jauhari kepada bengkulunews.co.id.

Ia menambahkan, memang betul saat ini dalam perencanaan pembuatan bronjong. Tapi baru di hilir jembatan untuk seribu meter sedangkan di bagian hulu belum.

Untuk itu kades meminta dinas atau instansi terkait benar-benar memperhatikan dan punya kepedulian khusus mengawasi daerah Sungai Nasal, hulu dan hilir.

“Tidak sedikit sawah yang hilang akibat banjir, bahkan pada tahun 90-an telah menghanyutkan kuburan di desa tetangganya,” pungkasnya. (123)