Logo

Jalin Sinergitas dengan TNI, RM Paparkan Program Prioritas Bengkulu

bengkulunews.co.id – Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti memaparkan beberapa program prioritas pemerintah Provinsi kepada Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI Sudirman, saat acara ramah tamah, di Balai Semarak, Kamis (15/9).

Selain itu, Gubernur juga meminta TNI dapat bekerjasama lebih intens dengan pemerintah provinsi Bengkulu dalam menjalankan program pembangunan di daerah ini.

Program prioritas yang dipaparkan Gubernur yakni peretasan desa-desa terisolir dan pemberdayaan nelayan pada tujuh kabupaten dan kota.

“Mohon ijin Panglima, kami akan minta kerjasama yang lebih intens dengan Danlanal, untuk program pembangunan dan pemberdayaan,” tutur RM -sapaan akrab Gubernur Bengkulu-

RM mengatakan, sinergitas ini melanjutkan sinergitas yang telah terjalin bersama TNI dan Polri selama ini, dalam pembangunan di berbagai sektor. Seperti program ketahanan pangan, sosial, keamanan, dan penanganan bencana.

“Tak musim lagi egosektoral, kerjaan ya kita garap keroyokan,” kata RM

RM menambahkan bahwa angka kemiskinan hampir menyentuh 18 persen. Perkampungan nelayan menjadi penyumbang angka terbesar.

Oleh karena itu, pemberdayaan nelayan di wilayah pesisir pada tujuh kabupaten dan kota bertujuan menjadikan nelayan yang mandiri dan sejahtera.

Menanggapi hal itu, Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI Sudirman mengatakan, TNI siap melanjutkan sinergitas dengan pemerintah. Ia pun menegaskan, komandan serta prajurit siap turun langsung untuk berbaur dengan masyarakat.

“Keberadaan TNI juga untuk mengabdi kepada rakyat. Kita siap bersinergi dengan pemerintah, dalam kondisi apapun,” pungkas pria kelahiran Jambi, 5 Maret 1963 itu.

Ia juga mengapresiasi langkah pemprov yang melibatkan TNI dalam pembangunan dan penanganan serta pemberdayaan.

Hadir saat malam ramah tamah, kepala daerah kabupaten dan kota, Kapolda, Wakapolda, Danrem 041 Gamas, Danlanal, Dandim berbagai daerah, anggota DPRD provinsi dan SKPD Provinsi Bengkulu serta akademisi. (101/mal)