Logo

Ini Langkah Gubernur Rohidin Selamatkan Masyarakat dari Bencana

Mukomuko – Sebagai daerah yang masuk dalam rawan bencana gempa, maka kesiapan dan kesiagan sangat penting bagi masyarakat untuk antisipasi bencana yang datang secara tiba-tiba.

Selaku Gubernur Bengkulu, Rohidin menyadari betul hal tersebut. Oleh sebab itu, dirinya menyiapkan strategi jitu dan langkah-langkah masyarakat untuk menghadapi bencana. Langkah tersebut yakni dibentuknya Relawan Mitigasi Bencana.

Relawan Mitigasi ini merupakan relawan yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat. Tugasnya, selain mengajak seluruh masyarakat sadar akan bencana juga memberikan informasi kongkrit hingga dapat meminimalisir dari dampak bencana itu sendiri.

“Ketika terjadi bencana upaya penanggulangan memang tidak bisa hanya dilakukan pemerintah, namun butuh tenaga relawan,” sampai Rohidin di Mukomuko, Senin (16/12/19).

Misalnya, kata dia, terjadi banjir.  Tentunya tidak hanya membutuhkan pemerintah saja, namun dibutuhkan peran masyarakat, pelaku usaha dan semua pihak.

“Nah, mereka ini menjadi garda terdepan dalam menyampaikan informasi, jangan sampai kejadian di lapangan tidak termonitor oleh pemerintah hingga tidak ada penanganan yang komprehensif,” jelas Gubernur Rohidin.

Gubernur Rohidin pun mengapresiasi para Relawan Mitigasi Bencana ini, menurutnya tekad mereka untuk membantu sesama tidak dapat dihitung dengan uang.

“Ini panggilan pengabdian, kalau sudah panggilan pengabdian, maka sudah tidak mengenal waktu, tidak ada kata lelah, yang dikedepankan adalah rasa kemanusiaan untuk membantu sesama ini yang patut dan sangat saya hargai,” ungkap Gubernur Rohidin.

Penulis : Imam Yusup