Gubernur Pastikan Masyarakat Bengkulu Dilayani Program UHC BPJS

Gubernur Pastikan Masyarakat Bengkulu Dilayani Program UHC BPJS

Gubernur Rohidin pada kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), Pelayanan Kesehatan Terpadu (Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis), Penyerahan Bantuan Oksigen Konsentrator, penyerahan Bantuan Kartu Bengkulu Sejahtera (KBS) JKN KIS dan Alsintan, di Desa Cipta Mulya, Kecamatan Putri Hijau, Kabupaten Bengkulu Utara, Rabu (14/12). MC

BENGKULU – Usai ditetapkan sebagai provinsi dalam pelayanan kesehatan untuk semua atau mencapai Cakupan Semesta Jaminan Kesehatan/ Universal Health Coverage (UHC) BPJS Kesehatan yang menjadi kado istimewa bagi masyarakat di Hari Ulang Tahun (HUT) ke 54 Bengkulu pada 18 November 2022 lalu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meminta informasi ini tersampaikan dengan baik kepada seluruh masyarakat di 9 kabupaten 1 kota se-Provinsi Bengkulu.

Sehingga lanjut Gubernur Bengkulu ke-10 ini, jika ada masyarakat Bengkulu yang hendak berobat baik ke Puskesmas ataupun harus dirujuk ke rumah sakit ataupun ke klinik pengobatan dokter yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, maka warga bersangkutan wajib mendapatkan pelayanan kesehatan sebaik mungkin.

“Walaupun dalam kondisi tersebut warga yang bersangkutan belum memiliki BPJS Kesehatan, sudah memiliki BPJS Kesehatan tapi menunggak ataupun terkendala hal apapun. Dengan syarat menunjukkan NIK dan berstatus warga Bengkulu, maka yang bersangkutan berhak dilayani sebaik mungkin,” tegas Gubernur Rohidin pada kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), Pelayanan Kesehatan Terpadu (Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis), Penyerahan Bantuan Oksigen Konsentrator, penyerahan Bantuan Kartu Bengkulu Sejahtera (KBS) JKN KIS dan Alsintan, di Desa Cipta Mulya, Kecamatan Putri Hijau, Kabupaten Bengkulu Utara, Rabu (14/12).

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penyerahan Bantuan Kartu Bengkuku Sejahtera (KBS) JKN KIS untuk 4.954 jiwa bagi masyarakat Kabupaten Bengkulu Utara. Kemudian Bantuan Tabung Gas Konsentrator sebanyak 100 unit bagi masyarakat Bengkulu Utara secara simbolis di Desa Cipta Mulya, Desa Suka Negara dan Desa Suka Medan Kecamatan Putri Hijau.

Selanjutnya 1 unit alat fogging kepada vaksinator Puskesmas Desa Suka Makmur dan kelambu elektrik disinfektan sebanyak 10 paket.

Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Dapil Bengkulu Utara Yurman Hamedi menyambut baik terlaksananya program UHC BPJS Kesehatan Provinsi Bengkulu dan program-program strategis Gubernur dan Wagub Bengkulu lainnya. Sehingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat Bengkulu semakin maksimal dan tidak ada lagi masyarakat Bengkulu yang tidak terlayani BPJS Kesehatan. Selain itu program PSN bagi masyarakat Bengkulu Utara khusus di Kecamatan Putri Hijau jelas sangat baik karena saat ini angka kasus DBD (Demam Berdarah) di Putri Hijau terbilang cukup tinggi.

“Saya sampaikan terima kasih kepada Gubernur Bengkulu dan Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu atas program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat,” ungkapnya.

Senada diungkapkan Kades Suka Negara Rostam. Menurutnya dengan program UHC BPJS Kesehatan tidak ada lagi masyarakat Bengkulu Utara yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan maksimal.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Gubernur, semoga pelayanan kesehatan terhadap masyarakat semakin baik dan maksimal,” ujarnya.

Sementara itu salah seorang penerima bantuan KBS JKN KIS Sukaesih warga Desa Suka Medan mengaku terharu dan menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepadanya.

“Bersyukur dan kami berterima kasih kepada Bapak Gubernur Rohidin telah membagikan BPJS Kesehatan bagi warga tidak mampu. Memang selama ini kami belum pernah mendapatkan bantuan ini. Kami berharap ke depan Bengkulu makin maju dan masyarakat makin sejahtera,” sebutnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen