Logo

GMT 2016 Bengkulu, Benteng Marlborough Jadi Lautan Manusia

bengkulunews.co.id – Fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 di Bengkulu disambut antusias masyarakat. Pemerintah provinsi Bengkulu, memusatkan kegiatan di Benteng Marlborough.

Rabu 9 Maret, pagi ini pukul 05:45 kendaraan ‘menyemut” dari View Tower, Kampung Cina, hingga Tapak Paderi. Masyarakat membanjiri benteng peninggalan penjajah Inggris itu untuk ikut serta Sholat Gerhana berjamaah dan menyaksikan langsung fenomena alam, gerhana matahari.

Hingga solat gerhana selesai, sekira pukul 6:46 WIB, masyarakat tidak berhenti berdatangan. Kapasitas benteng Marlborough diperkirakan saudah tidak mampu lagi menampung massa yang hadir. Sehingga pintu gerbang dari semua sayap benteng ditutup.

Sejumlah awak media sudah standby dari pagi tadi, juga pihak kepolisian. Gubernur dan wakil gubernur, Ridwan Mukti – Rohidin Mersyah, hadir di Benteng Marlborough bersama masyarakat yang berhasil masuk pusat lokasi itu, lakukan solat berjamaah dan mendengarkan ceramah. Nampak Kapolda Bengkulu serta sejumlah pejabat provinsi serta ketua dan anggota DPRD.

Sejumlah tempat juga dipadati masyarakat, seperti pantai panjang Bengkulu, pantai jakat, tapak paderi. Masyarakat berduyun-duyun, bersama keluarga mereka. Cuaca cerah, udara sejuk menambah nyaman pagi ini.(122)