Logo

Gerakan Masal Cegah DBD Dimulai Hari ini

KOTA BENGKULU – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Sekretaris Daerah dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu pada Jumat (1/2) mulai menggerakkan kegiatan massal pencegahan penyakit DBD kepada OPD, Camat, Lurah dan RT.

Gerakan masal pencegahan penyakit DBD ini, akan dilakukan di 9 Kecamatan dan 67 Kelurahan yang ada di Kota Bengkulu. Gerakan masal itu berupa Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota, Susilawaty mengatakan, tingkat penyakit DBD pada bulan Januari lalu cukup mengkhawatirkan, maka diperlukan tindak lanjut bukan hanya dari pemerintah namun juga masyarakat.

“Selama januari 2019 terdapat 14 kasus DBD di Kota Bengkulu. Kita berupaya mencegah agar tidak ada lagi kasus DBD tahun ini,” ujar Susilawaty.

Gerakan ini tentunya melibatkan puskesmas yang berada di ruang lingkup kerja Kota Bengkulu, camat, lurah, Puskesmas dan warga bersamaan dengan gerakan kebersihan lingkungan.

“Gerakan PSN ini dilakukan dalam wilayah kerja Puskesmas yang ada di Kota Bengkulu, di antaranya RT. 8 Jalan Gedang, RW. 8 Lingkar Timur, Lingkar Barat, Kelurahan Pematang Gubernur, Bentiring Permai, Kebun Ross, Nusa Indah, Kuala Lempuing, Kandang Mas dan Muara Dua,” jelasnya.

Tak tertinggal Susi mengingatkan, agar pola hidup sehat lebih ditingkatkan, sebagai upaya pencegahan wabah DBD di lingkungan.

“Prilaku hidup bersih dan sehat harus diawali dari keluarga dan lingkungan sekitar. Jika kita telah menerapkan hal tersebut, Insya Allah tidak ada penyakit datang,” tukas Susi.