Logo
Dempo Xler

Gempa Berskala 5.2 SR Guncang Bengkulu, Tak Berpotensi Tsunami

Kepala BMKG Bengkulu, Kukuh

Kepala BMKG Bengkulu, Kukuh

Kepala BMKG Provinsi Bengkulu, Kukuh

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Gempa bumi berskala sedang kembali mengguncang sebagian wilayah di Provinsi Bengkulu, dengan kekuatan 5.2 SR, Lok:4.24 LS,101.97 BT 59 km Barat Daya Bengkulu dengan Kedalaman 23 km, Minggu (26/2/2017), pukul 22:21.

Kepala Badan Meteologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu, Kukuh saat dikonfirmasi via telepon, mengatakan, ini merupakan gempa dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indonesia-Australia ke bawah lempeng Eurasia.

Namun, diungkapkannya hingga saat ini belum ada terjadi lagi aktivitas dari lempengan tersebut dan belum ada gempa susulan.

“Masyarakat kami himbau untuk tetap tenang dan terus mengikuti arahan dari BPBD dan BMKG, khususnya masyarakat di pesisir pantai karena gempa bumi yang terjadi barusan ini tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.

Berdasarkan hasil peta Shakemap BMKG, dampak dari gempa bumi ini menimbulkan guncangan pada II SIG BMKG atau III hingga IV MMI di wilayah Bintuhan, Kota Bengkulu, Kabupaten Kepahiang dan Rejang Lebong serta Liwa.