Logo

Gantikan Tjahjo Kumolo sebagai Menteri PAN-RB, Ini Latar Belakang Azwar Anas

JAKARTA – Abdullah Azwar Anas dipilih untuk menggantikan Alm Tjahjo Kumolo menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Azwar Anas menurut Presiden, memiliki banyak pengalaman saat menjabat sebagai kepala daerah hingga sejumlah lembaga yang pernah diemban, salah satunya Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Catatannya pun sangat baik dalam mengelola pelayan publik.

“Iya, kita semua tahu Pak Azwar Anas ini kan track record-nya jelas. Waktu memegang birokrasi di Banyuwangi, banyak sekali yang saya lihat bagus,” kata Presiden Jokowi ketika memberikan keterangan pers usai pelantikan Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri PAN-RB, pada Rabu (7/9/2022).

Berbekal pengalaman itu, tentunya Azwar Anas diharapkan dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap upaya reformasi birokrasi yang tengah dilakukan oleh pemerintah.

“Reformasi birokrasi, digarap secara cepat sehingga birokrasi kita menjadi birokrasi yang melayani, birokrasi dengan kedisiplinan yang tinggi,” tegas Presiden.

Anas adalah anak kedua dari sebelas bersaudara. Kedua orangtuanya, KH. Muhammad Musayyidi dan Siti Aisyah membantu memfasilitasi pendidikan Anas saat ia masih duduk di bangku sekolah.

Lulus SMA, Anas melanjutkan kuliah di Fakultas Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta, ia lulus pada 1998.

Kemudian ia juga memilih kuliah di Fakultas Sastra Universitas Indonesia (UI) untuk jenjang S1 dan berhasil lulus pada tahun 1999 lalu melanjutkan kuliah S2 di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UI.

Selama menjadi mahasiswa UI, ia meraih Penghargaan Rektor Universitas Indonesia sebagai Mahasiswa Berprestasi Tahun 1995.

Riwayat Jabatan:

Periode 1997 – 1999 : Anggota MPR RI
Periode 2004 – 2009 : Anggota DPR RI
Periode 2010 – 2015 : Bupati Banyuwangi
Periode 2016 – 2021 : Bupati Banyuwangi
Januari 2022 – 7 September 2022 : Kepala LKPP
7 September 2022 – sekarang : Menteri PANRB