Bengkulu #KitoNian

Flora dan Fauna Langka yang Ada di Bengkulu

Penulis : Cindy

Bunga Rafflesia. Foto, Dini

Halo viewers taukah viewers bahwa Bengkulu memiliki beberapa Flora dan Fauna langka loh, wah apa aja ya? Yuk simak

1. Bunga Bangkai

Pastilah viewers tau ya bunga satu ini yaitu Bunga yang mengeluarkan bau busuk untuk melindung diri, bunga Bangkai atau Suweg Raksasa merupakan tumbuhan dari famili Araceae (talas-talasan). Nama latin bunga ini adalah Amorphophallus titanum (Becc.) Becc., dengan nama sinonim Amorphophallus selebicus Nakai dan Conophallus titanum Becc loh viewers.

Bunga Bangkai berwarna krem pada bagian luar dan pada bagian yang menjulang, Bunga Bangkai memiliki mahkota loh viewers yang berwarna merah keunguan. Saat memar bentuk bunga ini terlihat seperti terompet dan tingginya mencapai kurang lebih 4mtr biewers. Bunga Bangkai menjadi salah satu maskot Provinsi Bengkulu loh viewers.

2. Beruang Madu

Beruang satu ini adalah habitat alami dari pulau Sumatra dan Kalimantan viewers, nama latin hewan ini adalah Helarctos malayanus (Raffles, 1821) yang dama bahasa inggris dikenal sebagai Malayan Sun Bear atau Sun bear viewers. Beruang madu sendiri memiliki ukuran tubuh yang kebih kecil ketimbang beruang pada umumnya dan bulu yang hampir seluruhnya berwarna hitam, beruang madu memiliki pola khas dibagian dada berbentuk ‘V’ berwarna keputihan atau kuning loh viewers.

3. Bunga Rafflesia

Pastinya bunga satu ini adalah bunga yang terkenal di Bengkulu ya viewers hingga baju batik yang ada di Bengkulu memiliki lambang Bunga Rafflesia, Rafflesia adalah sebuah genus tumbuhan berbunga yang semua spesiesnya hidup sebagai parasit. Anatomi tumbuhan pada Rafflesia tidak lengkap.

Organ tubuh dari Rafflesia hanya berbentuk bunga yang mekar atau kuncup saja. Rafflesia tidak memiliki bagian daun, batang dan akar loh viewers.Bunga Rafflesia bisa dijumpai di daerah Kecamatan Kemumu Kabupaten Bengkulu Utara dan kecamatan Taba Penanjung kabupaten Bengkulu Tengah. Keberadaan Bunga ini sangat dijaga kelestariannya ya viewers dan menjadi bunga kebanggaan Provinsi Bengkulu.

Karena Bengkulu punya Flora dan Fauna langka maka kita juga sebagai masyarakat Bengkulu harus saling menjaga agar tetap terpelihara.

Baca Juga
Tinggalkan komen