Logo

Evaluasi POPNAS XVI Sumsel, Dispora Bakal Lebih Selektif Pilih Atlet dan Cabang Olahraga

BENGKULU – Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu, Aswandi menuturkan pihaknya akan melakukan seleksi terkait cabang olahraga yang akan terlibat di tahun selanjutnya. Keputusan ini diambil setelah mempertimbangkan hasil yang didapat pada POPNAS ke XVI 2023 di Sumsel.

Menurutnya untuk kegiatan POPNAS ke XVII, Provinsi Bengkulu tidak akan membawa cabor terlalu banyak. Karena lebih baik membawa sedikit cabor namun hasil yang diberikan oleh setiap atlet, maksimal.

“Namun perlu lagi betul-betul ke depannya harus dipersiapkan lebih matang untuk mencapai prestasi itu, karena olahraga by design program yang terencana. Sehingga ke depannya kita akan selektif lagi memilih cabor yang akan dibawa ke POPNAS, agar hasilnya maksimal,” kata Aswandi pada Bengkulunews.co.id Jumat (29/09/23) siang.

Hal tersebut juga dilakukan agar para atlet dapat melakukan pelatihan secara maksimal dan berlomba-lomba memberikan hasil terbaiknya. Dispora Provinsi Bengkulu juga akan lebih teliti dan selektif dalam memilih dan memilah setiap cabor yang memang memiliki kemampuan tersebut.

Sebelumnya, Bengkulu berhasil membawa sembilan mendali, yakni satu mendali emas, tiga perak dan lima perunggu Pekan Olahraga Pemuda Nasional ke XVI di Sumatera Selatan.

Medali tersebut datang dari cabang olahraga atletik satu medali emas dan satu perunggu. Cabor tinju dua perak. Cabor silat satu perak dan tiga perunggu. Serta cabor panahan mendapat satu mendali perunggu.

Atas hasil ini, Bengkulu berhasil naik ke peringkat ke 22 dari 34 Provinsi. Bengkulu naik empat tingkat, karena pada Popnas sebelumnya berada di peringkat 26. Namun hasil ini dirasa kurang memuaskan, lantaran Bengkulu membawa atlet untuk bertanding di 15 cabang olahraga.

“Sehingga kita memilih cabor yang betul-betul mampu meraih hasil maksimal atau mendapatkan mendali di POPNAS akan datang,” tutup Aswandi. (Advetorial)