Logo

Diskominfo Mukomuko Melakukan Pemasangan Internet Gratis ke Sekolah

MUKOMUKO – Sebanyak 29 sekolah, desa, dan Pos Angkatan Laut (Posal) di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menerima bantuan akses internet dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada 2024.

“Total bantuan akses internet untuk Mukomuko sebanyak 29 titik, terdiri atas 14 sekolah, 14 desa, dan satu Posal,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko Agus Harpinda, Jumat (7/5/2024).

Ia mengatakan, bantuan akses internet Bakti Kominfo ini merupakan usulan dari Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Diskominfo, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Kantor Kemenag, dan Danposal.

Dari usulan tersebut, Kantor Kemenag mendapatkan 12 titik untuk MAN dan MTs, Disdikbud dua sekolah dasar, Posal satu titik, dan 14 desa. “Seluruh usulan dari berbagai instansi di daerah ini masuk ke aplikasi Bakti Kominfo,” ujarnya.

Terkait permintaan Bakti Kominfo agar daerah ini melakukan verifikasi akhir titik calon lokasi, kata dia, sudah dilaksanakan. Menurut dia, terkait lokasi bisa saja bergeser berdasarkan hasil survei pihak Bakti Kominfo nanti.

“Untuk kapasitas bantuan internet dari Bakti Kominfo ini cukup besar, yakni 2 Mbps,” ujarnya.

Ia mengatakan, pelaksanaan pemasangan peralatan internet Bakti Kominfo ini kemungkinan prosesnya pada pembangunan tahap dua tahun ini.  “Pembangunannya itu dua tahap, yakni tahap satu atau semester pertama dari Januari-Juni dan tahap dua atau semester dua pada Juli-Desember,” katanya. (Defran/Adv)