Logo

Dinkes Provinsi Sukses Gelar Kegiatan Hari Gizi Nasional

Sekda dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi mengkampanyekan Ayo Makan Buah dan Sayur Nusantara

bengkulunews.co.id – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Hari Gizi Nasional (HGN) Ke 57 Tahun 2017, Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu sukses menggelar berbagai kegiatan. Diantaranya, donor darah, Kampanye Ayo Makan Buah dan Sayur, dan Senam massal yang diikuti, praktisi kesehatan, mahasiswa, karyawan Bank dan Hotel.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, drg Edriwan Mansyur mengatakan, diadakanya kegiatan HGN ini adalah bentuk upaya pemerintah dalam memperbaiki gizi dan meningkatkan mutu gizi perseorangan dan masyarakat.

“Antara lain melalui perbaikan pola konsumsi makanan, perbaikan perilaku sadar gizi, peningkatan akses dan mutu pelayanan gizi serta kesehatan sesuai dengan kemajuan ilmu dan teknologi,” Kata Edriwan.

Senam masal yang diikuti oleh pegawai kesehatan, mahasiswa, dan pegawai Bank dan Hotel, di lapangan kantor Kesehatan Provinsi

Disamping itu, lanjut Edriwan, berdasarkan Global Nutition Report (GNR) tahun 2014, Indonesia termasuk kedalam 17 negara dari 117 negara yang mempunyai tiga masalah gizi yaitu, Stunting, Wasting dan Overweight.

“Indonesia termasuk juga di dalam 47 negara dari 122 negara yang mempunyai masalah anemi pada Wanita Usia Subur (WUS),” lanjutnya.

Oleh sebab itu, kepada masyarakat, ia berpesan untuk membiasakan memakan sayur dan buah nusantara sedini mungkin. Juga memberikan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) kepada Bayi.

“Juga lakukan aktifitas fisik secara rutin dan rutin deteksi dini penyakit,” pesan Edriwan.

Bank Bengkulu memberikan support dalam serangkaian kegiatan hari gizi nasional yang digelar Dinkes

Waktu pelaksanaan HGN dimulai dari tanggal 20 Januari hingga pertengahan tahun 2017. Hal itu berdasarkan UU Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan, serentak di seluruh Indonesia. Serangkaian kegiatan HGN disupport oleh Bank Bengkulu, Bank Nasional, dan Bank Swasta.

HGN tahun ini bertema Membangun Gizi, Menuju Bangsa Sehat Berprestasi, dengan slogan “Ayo makan buah dan sayur setiap hari”.

Plt Sekda mengunjungi konseling dan pemeriksaan kesehatan gratis di ruangan kantor kesehatan provinsi

Plt Sekda Sudoto bersama Kepala Dinas Kesehatan provinsi mengunjungi bus donor darah PMI

Sementara Plt Sekda Provinsi Bengkulu, Sudoto mengapresiasi perayaan HGN tahun ini. Dinas Kesehatan Provinsi dianggap mampu merangkul berbagai pihak dalam mengkampanyekan peningkatan pengetahuan soal gizi tersebut.

“Masalah gizi memang tak bisa hanya melalui intervensi kesehatan, intervensi sosial budaya juga diperlukan. Membangkitkan masyarakat agar sadar gizi, merupakan tugas kita bersama,” ucap Sekda saat memberikan kata sambutan. (prw/eo)