Logo
Dempo Xler

Dinkes Provinsi Bengkulu Peringati Hari Tuberkulosis (TB) Sedunia 2017

Pengguntingan pita pelepasan balon oleh asisten I Provinsi Bengkulu, Iskandar ZO didampingi oleh Plt. Kadinkes Provinsi Bengkulu dan jajarannya

Pengguntingan pita pelepasan balon oleh asisten I Provinsi Bengkulu, Iskandar ZO didampingi oleh Plt. Kadinkes Provinsi Bengkulu dan jajarannya

Pengguntingan pita pelepasan balon oleh asisten I Provinsi Bengkulu, Iskandar ZO didampingi oleh Plt. Kadinkes Provinsi Bengkulu dan jajarannya serta Karo Pemerintahan dan Kesejahteraan Pemda Provinsi Bengkulu, Rehal Ikmal, SH, M.Si

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu memperingati hari Tuberkulosis (TB) sedunia 2017. Sebagai leading sektor Dinkes bertekad untuk memerangi penyakit TB dengan pencegahan sejak dini terhadap lingkungan masyarakat.

“Kita ciptakan lingkungan yang sehat, bersih untuk menghindari peredaran penyakit TB khususnya di Provinsi Bengkulu,” kata Plt. Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu, Edriwan, pada sambutanya.

Sejalan dengan tema global Unite to End TB, Indonesia memilih tema “Gerakan Masyarakat Menuju Indonesia Bebas Tuberkulosis” melalui aksi Temukan Tuberkulosis Obati Sampai Sembuh (TOSS) dengan mengetuk 1.400 pintu per kabupaten/kota untuk memberikan edukasi dan menemukan kasus TB adalah gerakan yang dilakukan oleh masyarakat untuk secara aktif menemukan kasus TB.

“Gerakan dilakukan di kabupaten/kota yang ada di Provinsi Bengkulu dengan bekerja sama antara Dinas Kesehatan kabupaten/kota dan LSM. Diharapkan kegiatan ini dilakukan secara berkesinambungan,” ungkapnya.

Cita-cita bersama mengeliminasi TB pada tahun 2035 bisa diharapkan dapat terwujud dengan cara mencegah penularan TB, menemukan mereka yang bergejala dan mengobati mereka yang sakit sampai sembuh.

“Cegah TB Resistan Obat dengan pengobatan TB yang standar dan berkualitas serta TOSS TB. Ia berharap seluruh elemen masyarakat bersama pemerintah dapat menutup kran penularan TB,” tutup Edriwan. (Adv/Niko)