Bengkulu News #KitoNian

Di Tempat Ini Dua Dusun Belum Dialiri Listrik

Manajer PT PLN Rayon Curup, Khaidir Nasir

REJANG LEBONG – Dusun Trans Bukit Batu di Kecamatan Padang Ulak Tanding dan Dusun Trans Lubuk Mumpo di Kecamatan Kota Padang hingga saat ini belum menikmati aliran listrik.

“Kendala pemasangan jaringan di Dusun Trans Lubuk Mumpo adalah adanya warga yang meminta ganti rugi atas penempatan tiang listrik,” kata Manajer PT PLN Rayon Curup, Khaidir Nasir, Kamis (3/1).

Padahal salah seorang pemilik lahan adalah pejabat tinggi di Kabupaten Rejang Lebong, yang meminta ganti rugi tanam tumbuh. Tetapi PLN sendiri tidak ada anggaran untuk ganti rugi seperti itu.

Sedangkan untuk Dusun Trans Bukit Batu yang dihuni 70 kepala keluarga (KK), pihaknya belum bisa memasukan material pembangunan jaringan listrik lantaran akses jalannya yang masih sulit dilalui kendaraan.

“Jalanya berbukit, dengan tanjakan dan turunan tajam. Tiang listrik harus diangkut secara estafet dengan kendaraan khusus,” tambah Khaidir.

PLN Rayon Curup akan terus berupaya mencari solusi lain agar ratusan warga kedua dusun tersebut dapat segera menikmati aliran listrik. Diantaranya dengan mengalihkan jaringan. Di Dusun Trans Lubuk Mumpo saat ini didiami sekitar 75 KK.

Sedangkan rasio elektrifikasi di Kabupaten Rejang Lebong sampai akhir Desember 2018 lalu sudah mendekati 100 persen.

“Ada juga beberapa wilayah dalam Kota Curup belum dialiri listrik, seperti lokasi-lokasi perumahan baru. Tetapi untuk dalam kota jaringan sudah tersedia dan tinggal disalurkan saja,” tutup Khaidir.

Baca Juga
Tinggalkan komen