Dhol dan Puluhan Penari Akan Meriahkan Pembukaan Kemah Bela Negara di Bengkulu

Dhol dan Puluhan Penari Akan Meriahkan Pembukaan Kemah Bela Negara di Bengkulu

BENGKULU – Pembukaan Kemah Bela Negara di Bengkulu dipastikan berlangsung meriah. Tabuhan Dhol dan penari akan menghiasi jalannya acara yang digelar di Balai Raya Semarak, 16-22 Desember 2022.

Wakil Ketua Kwarda Bengkulu Atisar Sulaiman mengatakan, 50 pemain musik dol dan 50 penari akan tampil saat pembukaan nanti. Seluruh persiapan saat ini hampir rampung.

“Hari ini diadakan latihan bersama dalam rangka persiapan Kemah Bela Negara, selanjutnya nanti akan dilakukan latihan di lokasi pembukaan di Balai Raya Semarak pada tanggal 14 dan 15 Desember 2022,” katanya, Minggu (11/12/2022).

Atisar menyebut, penyertaan dhol dan penari daerah sengaja dilakukan untuk memperkuat identitas Bengkulu di even Nasional tersebut.

“Ini adalah tradisi dan musik daerah kita, mudah-mudahan pembukaan akan terlaksana dengan sukses, dan ini semua berkat kerja sama semua pihak baik dari panitia dan Kwarda 07 tentunya,” sampai Atisar.

Persiapan telah dilakukan dalam satu minggu terakhir. Anggota penari dan dhol diambil dari 15 sanggar seni yang ada di Kota Bengkulu.

“Nantinya akan ada medley yang mewakili lima pulau besar di Indonesia. Selain untuk acara pembukaan tarian ini juga akan ditampilkan pada acara penutupan KBN dan terakhir di acara peringatan Hari Ibu,” ungkap PJ Acara, Syukri Ramzan.

Kemah Bela Negara 2022 akan berlangsung di tiga daerah di Bengkulu. Daerah yang dipilih yakni Seluma, Bengkulu Tengah dan Kota Bengkulu. Rencananya para anggota akan menginap di homestay milik warga, dengan kuota peserta kurang lebih 1.600 orang.

Lokasi yang dipakai yakni di Desa Srikencoro dan Desa Srikaton di Bengkulu Tengah. Lalu Bukit Peninjauan satu dan Bukit Peninjauan dua di Seluma, serta Kota Bengkulu. Kemah Bela Negara 2022 Nasional ini direncanakan akan berlangsung dari tanggal 16 Desember hingga 22 Desember 2022. (Adv)

Baca Juga
Tinggalkan komen