Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Daya Listrik Orang Miskin Bakal Dihapus, 900 VA Dinaikan jadi 1.200 VA

Peresmian Listrik Desa Kabupaten Kepahiang dan Penyerahan Bantuan Tanggungjawab Sosial & Lingkungan (TJSL) Tabung Listrik Kabupaten Bengkulu Utara, di Desa Langgar Jaya Kecamatan Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang, Selasa (07/09). Foto, Dok

BENGKULU – Daya listrik golongan 450 Vol Ampere (VA) rencananya bakal dialihkan ke 900 VA Sementara untuk masyarakat yang memakai 900 VA akan dialihkan ke 1.200 VA.

“Salah satu kebijakan yang diambil menaikkan 450 VA ke 900 VA untuk rumah tangga miskin dan 900 VA ke 1.200 VA tanpa dikaitkan dengan kompor listrik. Kita sepakat dengan pemerintah,” terang Ketua Banggar DPR Said Abdullah di Gedung DPR, Senin (12/09/2022).

Said mengatakan, PLN saat ini mengalami over suplai sebanyak 6 Giga Watt (GW). Tambahan over suplai sebesar 1,4 GW juga akan terjadi saat ada pembangkit listrik baru.

Said mencatat, apabil alistrik dari EBT itu masuh di tahun 2030, kemungkinan over suplai listrik yang dihadapi oleh PLN bisa semakin membengkak menjadi 41 GW.

“Bisa dibayangkan kalau 1 GW itu karena memang take or pay, harus bayar Rp 3 triliun. Maka menurut hemat saya kenapa kita gak ambil keputusan hari ini dalam sisi kebijakan, yang pertama ini legasi kita bersama. Bagi orang miskin, rentan miskin, yang di bawah garis kemiskinan itu tidak boleh lagi ada 450 VA,” tandas Said.

Sementara itu, dilansir dari detik.com, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menepis kabar tersebut. Plt Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Dadan Kusdiana menegaskan belum ada kesepakatan untuk alih daya listrik.

“Sepemahaman saya itu bukan kesepakatan,” katanya.

Dadan berpandangan bahwa subsidi listrik didorong agar tepat sasaran atau kepada orang-orang yang tidak mampu. Pengelompokan orang tidak mampu itu mengacu dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

“Narasi lengkapnya adalah bahwa subsidi itu harus semakin tepat sasaran, termasuk untuk kelompok 450 VA,” imbuhnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen