Cara Mengembangkan UMKM di Era Digital

Salah satu UMKM Batik Besurek di Bengkulu. Dok, BN

Pada era digital seperti ini Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tengah berkembang pesat. Usaha yang dibangu semakin kreatif dan tidak pernah terfikirkan sebelumnya, seperti jasa cuci sepatu, berjualan sepatu second branded, menjual buket bunga, membuat makanan ala Jepang dan bisnis lainnya.

Tentunya dari usaha tersebut mendapatkan penghasilan yang lumayan tinggi, namun berbisnis bukanlah hal mudah. Banyak rintangan dan kendala yang harus diahdapi, mulai dari persaingan sesama pengusaha, kualitas jasa atau produk dan sebagainya.

Terlebih di era digital seperti sekarang, semua serba cepat dan dapat menjangkau seluruh daerah sekalipun pelosok. Oleh karena itu para pengusaha harus memiliki startegi atau rencana matang untuk beberapa waktu kedepan, agar bisa bertahan dan berkembang lebih baik lagi.

Berikut cara untuk mengembangkan maupun mempertahankan UMKM yang anda miliki saat ini, seperti :

1. Fokus pada kualitas produk

Pada zaman sekarang mempertahankan kualitas produk sangat penting, karena hal tersebut menjadi hal utama yang diperhatikan oleh konsumen. Produk yang memiliki kualitas baik akan membuat kepercayaan pelanggan meningkat, walaupun terkadang dalam mempertahankan hal tersebut harus mengeluarkan dana lebih. Namun hal tersebut masih bisa diatasi dengan menaikan harga produk sesuai kualitas, pastikan harga masih bisa terjangkau oleh konsumen.

2. Melihat tren yang berkembang saat ini

Dalam menjalani usaha pastikan bahwa anda selalu membaca tren terbaru, agar bisnis yang dijalankan tidak ketinggalan zaman. Misalkan jika anda seorang pelaku usaha fashion baju dengan warna pastel saat ini sedang tren, oleh karena itu buatlah pakaian dengan warna tersebut. Namun tetaplah pertahankan bahan yang menjadi ciri khas brand anda, maka hasil produk akan dapat sesuai dengan permintaan pasar saat ini.

3. Membangun Relasi

Dalam mengembangkan bisnis membangun relasi sangatlah penting, seperti adanya hubungan baik dengan konsumen maupun sesama pengusaha lain. Selain ramah libatkanlah konsumen dalam penilaian dan pengembangan produk, dengan demikian hal tersebut dapat membantu anda mengetahui kebutuhan konsumen. Sedangkan membangun relasi sesama teman usaha juga penting, karena dari sana anda bisa berbagi pengalaman.

4. Memanfaatkan media online

Zaman era digital seperti ini memanfaatkan media sosial dan e-commerce sangatlah berguna, agar produk yang anda miliki dapat dikenal hingga keseluruh daerah. Terlebih masyarakat kini ingin berbelanja dengan mudah, praktis dan terjangkau. Selain memasarkan produk anda juga bisa memanfaatkannya untuk berkomunikasi langsung dengan konsumen.

5. Meningkatkan kemampuan yang dimiliki

Memiliki pengetahuan bisnis merupakan modal yang penting, sebelum terjun maupun sedang menjalani suatu usaha. Pengetahuan tersebut bertujuan agar usaha yang dijalani menjadi lancar dan maksimal, hingga dapat berkembang dari waktu ke waktu. Selain itu meningkatkan kemampuan atau skill yang dimiliki juga penting, agar produk atau usaha bisa maju. Caranya adalah mengevaluasi kinerja bisnis secara konsisten dan berkala, dengan begitu pengusaha dapat mengerti kesalahan-kesalahan apa yang dilakukan bisa dijadikan pengalaman serta pelajaran dikemudian hari.

Penulis : Cindy

Baca Juga
Tunjukkan Komen (1)