Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Cara membersikah Headphone atau Earbuds dengan Benar

New York Times

Headphone atau Earbuds adalah salah satu alat yang digunakan untuk medengarkan musik secara personal. Benda ini bisa saja menjadi sarang kotoran apabila anda jarang membersihkannya, sumber dar kotoran-kotoran ini semisal sel kulit mati, sebum, kotoran telinga dan produk perawatan yang bisa saja menempel pada perangkat tesebut.

Dalam membersihkannya anda tidak bisa sembarangan seperti meniupnya dan mengetuk-ngetuknya. Pasalnya hal ini mungkin saja bisa meruksak alat tersebut. Mengutip laman New York Times, terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mebersihkan Headphone milik anda.

  1. Menggunakan Kain

Dengan kain anda bisa mengusap-ngusap headphone atau earbuds secara regular menggunakan kain lembab dan anda biasa menggunakannya satu kali seminggu.

Jangan gunakan alkohol karena itu bisa merusak warna atau lapisan kulit bawaannya. Saat melakukan ini, pastikan headphone Anda dalam keadaan mati dan tidak terhubung ke dalam ponsel Anda. Setelahnya, segera keringkan perangkat Anda dengan kain yang lembut.

  1. Gunakan Sikat Lembut

Selanjutnya anda bisa menggunakan sikat dengan bulu lembut  untuk membersihkan bagian dalamnya, gunakan sikat yang kecil usahakan sedekat mungkin membersihkan earbuds dengan permukaan tanah.

  1. Bersihkan Casing dan Koneksi Baterai

Saat anda telah selesai membersikan headphone dan earbuds jangan lupa untuk membersikan konektor dan casingnya. Casing dan konektor ini biasanya terdapat pada headphone yang memanfaatkan koneksi wifi atau bluethoot.

Untuk perangkat Airpods, pihak Apple merekomendasikan penggunaan kain yang kering. Anda juga bisa menambahkan alkohol jenis isopropyl untuk membersihkan konektor dan bagian dalam casing earbuds.

  1. Menggunakan Kain Mikrofiber

salah satu kain yang cukup bagus digunakan adalah jenis mikrofiber. Kain tersebut bisa dibasahi terlebih dahulu dengan Clorox atau ehtyl. Setelah itu, copot bagian karet (jika ada) pada earbuds atau headphone Anda. Kemudian, bersihkan karet tersebut dengan air segar sebelum dikeringkan.

  1. Menggunakan Blue Tack

Singkatnya Blue Tack ini adalah benda lengket yang bisa menempel pada kaca, papan dll. Anda bisa memakainya untuk mengangkat kotoran-kotan yang ada pada perangkat headphone atau earphone anda, dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp 20.000 atau bahkan dibawah harga itu bisa anda temukan di online shop.

Nah mungkin itu saja beberapa solusi yang bisa anda lakukan sendiri dirumah untuk membersihkan Headphone atau Earbuds agar terhindar dari penyakit yang mungkin bisa menyerang telinga anda.

Baca Juga
Tinggalkan komen