Logo
Dempo Xler

Calendar Of Event Provinsi Bengkulu Tahun 2022

Calendar Of Event Provinsi Bengkulu Tahun 2022

Setelah dua tahun tanpa event, Provinsi Bengkulu kembali menggelar event pada tahun 2022. Kelonggaran yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo membuat sektor pariwisata bisa kembali bergeliat. Ada 7 event yang dijadwalkan dalam Calendar of Event tahun 2022.

Festival Danau Nibung (Muko Muko), Festival Gurita (Kaur) adalah Festival yang ditujukan kepada ekonomi kreatif di masing-masing Kabupaten. Muko Muko dengan keindahan Danau Nibung, serta Kaur dengan kekayaan lautnya. Festival Danau Nibung akan fokus pada perlombaan dan kuliner Rendang Lokan dengan setting keindahan Danau Nibung, yang akan diadakan pada 11-12 Juni 2022.

Sementara Festival Gurita, juga akan fokus pada pengulangan Rekor MURI sate Gurita terpanjang yang sudah dicatatkan Kaur pada tahun 2018. Selain Gurita, kompetisi selancar atau surfing tingkat internasional juga akan dilaksanakan dalam rangkaian festival ini berlokasi di Pantai Pengubayan, yang akan diadakan pada 21-22 Juni 2022.

Tiga event lainnya akan diadakan di Desa Wisata yang menjadi juara pada Lomba Desa Wisata Provinsi Bengkulu 2021. Desa pertama adalah Belitar Seberang di Rejang Lebong. Festival Bhumi Belirang akan dilaksanakan dengan bazar dan perlombaan, sembari menikmati keindahan Air Terjun Tri Sakti. Festival ini diadakan pada 06-14 Agustus 2022.

Event Penembang Fest yang diadakan di Desa Wisata Penembang, Bengkulu Tengah juga akan mengangkat keindahan alam dan natural dari Desa Penembang. Dengan konten berupa lomba Sarapal Anam dan Bazar pasar rakyat, festival ini dilaksanakan pada 03-04 September 2022.

Desa Wisata di Bengkulu Utara, yaitu Desa Wisata Suka Baru, akan ikut serta dengan event andalannya, Gelumpang Fest. Dengan bazar serta bermacam lomba yang akan mengajak anda menjelajah alam dari Suka Baru, ditemani dengan gajah Sumatera yang ada disana, Gelumpang Fest akan dilaksanakan pada 25-28 November 2022.

Beralih ke Kota Bengkulu, akan ada 2 Event yang dilaksanakan. Berbeda dengan event di atas, kedua event ini dilaksanakan secara online.

Event Bencoolen Dhol Attraction adalah event yang mengangkat tradisi musik kebanggaan Bengkulu. Ditampilkan dengan komposisi alunan musik dengan tampilan tayangan yang apik, event ini bisa disaksikan secara online di youtube Dinas Pariwisata pada 08 Juli 2022.

Yang paling dinanti, tentunya Festival Tabut. Festival ini akan diadakan dengan 2 rangkaian yaitu ritual dan malam pagelaran seni. Karena masih dengan keterbatasan pandemi Covid 19, maka Festival Tabut akan dikemas berbeda dengan tahun sebelumnya. Festival ini bisa disaksikan secara online pada 09 Agustus 2022.

Kedua event online diatas masuk dalam prioritas kalender Kharisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf RI yang digagas oleh Menteri Sandiaga Uno, sehingga tentu Festival Tabut dan Bencoolen Dhol Attraction tahun ini akan menarik untuk disaksikan.

Keterbatasan pandemi Covid 19 yang masih berlangsung membuat Event pariwisata dilaksanakan dengan format berbeda. Pelaksanaan Event akan mengutamakan nilai protokol kesehatan dan CHSE. Ketujuh Event ini bertujuan sebagai wadah kepada pelaku ekonomi kreatif yang sempat terhempas akibat pandemi untuk semakin kreatif dan produktif.