Logo
Dempo Xler

Menikmati Alam Bukit Kaba, Jalur Mudah untuk Pendaki Pemula

Sekelompok pemuda saat berada di ketinggian Bukit Kaba. Foto, Dok.BN

Sekelompok pemuda saat berada di ketinggian Bukit Kaba. Foto, Dok.BN

Siapa yang tidak tau keindahan Bukit Kaba. Bukit ini merupakan tempat yang sangat populer bagi pendaki di Bengkulu. Keindahan bukit kaba dengan tinggi 1.952 Mdpl ini hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam pendakian untuk mencapai puncaknya.

Jalan pendakian yang relatif mudah dan rutenya yang tidak terlalu curam membuat pendaki pemula merasa nyaman, berawal dari jalur setapak tanah lereng gunung di pedesaan.

Para wisatawan atau pendaki akan menemukan kebun milik warga, dengan perkebunan sayur dan rumah warga yang tersusun rapi. Setelah melewati perkebunan, wisatawan akan memasuki jalur hutan dengan pepohonan yang lumayan tinggi.

Anda akan merasakan sensasi nyata dan bercengkrama dengan alam, karena suara siamang dan kicauan burung akan sangat terdengar jelas.

Bukit Kaba. Istimewa

Selagi melewati hutan anda akan melihat sebuah aliran sungai yang bersih dan jernih, biasanya para wisatawan dapat mengambil air untuk melepaskan dahaga mereka.

Anda tak perlu cemas karena tersesat, bukit ini memiliki banyak papan penunjuk arah yang memudahkan para wisatawan untuk mendaki.

Bagi anda yang tidak kuat untuk mendaki, anda dapat menyewa ojek untuk tiba diatas bukit. Sebenarnya tempat ini menyediakan 2 jalur bagi pendaki. Yaitu jakur tanah dan jalur aspal, anda dapat menaiki motor hingga menuju puncak.

Saat tiba di atas anda akan melihat kecantikan dari Bukit Kaba, sekitar area bukit adalah padang yang sangat luas. Biasanya banyak wisatawan yang mendirikan tenda di tempat tersebut. Dari puncak bukit anda akan melihat keindahan Rejang Lebong dengan lampu-lampu yang menghiasi setiap rumah.

Bukit Kaba. Istimewa

Bukit kaba yang merupakan gunung aktif ini memiliki kawah besar yang masih mengeluarkan asap di puncaknya. Sedangkan, salah satunya adalah kawah mati yang menjadi favorit bagi pendaki karena anda akan disuguhkan dengan keindahan kawah dengan airnya yang berwarna hijau tosca.

Sementara di bawah bukit masih terpampang keindahan dan keasrian pepohonan hutan yang rindang. Hutan tersebut merupakan tempat konservasi bunga Rafflesia Arnoldi.

Bukit kaba juga menyediakan fasilitas lengkap, seperti basecamp pendakian di area parkir, kamar mandi dan toilet serta mushola.

Bukit Kaba. Istimewa

Harga Tiket Masuk wisatawan lokal dikenakan Rp12,500 di hari biasa dan Rp15 ribu untuk hari libur. Rombongan dari 10 orang akan dikenakan tarif Rp10 ribu per orang di hari biasa dan Rp11 ribu di hari libur, sedangkan untuk wisatawan manca negara dikenakan tarif Rp111 ribu per orang di hari biasa dan Rp236.500 hari libur. Untuk memesan ojek dengan harga Rp100 ribu dihari biasa dan hari libur.

Bagi anda yang suka mendaki, lokasi tersebut terletak di Sambirejo, kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong. Bukit kaba juga dekat dengan pusat kota Curup, dengan jarak sekitar 11 km dan bisa ditempuh dalam waktu 15-20 menit saja.