Bengkulu News #KitoNian

Mengunjungi Belitar Seberang, Peraih 100 Besar Anugerah Desa Wisata dari Bengkulu

Penulis : Cindy

Air Terjun di Desa Wisata Blitar Seberang, Rejang Lebong. Foto, Dok.BN

Provinsi Bengkulu memiliki sejuta kekayaan alam yang luar biasa menawan, yang saat ini kecantikan tersebut mulai dikembangkan sehingga masyarakat serta wisatawan dapat menikmatinya.

Salah satu kekayaan alam yang dapat kita nikmati ada di Desa Wisata Belitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.

Di dalam desa ini terdapat macam kearifan lokal, warga desa rata-rata bekerja sebagai petani sayu mayur, petani kopi dan petani gula merah atau nira.

Bagi yang ingin belajar cara mengelola gula merah, bisa ikut dalam prosesnya dengan merogoh kocek sebesar Rp10 ribu hingga Rp50 ribu.

Air terjun Tri Sakti. Foto, Dok.BN

Penduduk setempat juga memiliki kebiasaan mengkonsumsi ulat sagu atau blendu. Makanan unik ini ternyata juga dijual kepada wisatawan dengan harga Rp100 ribu per porsi.

Tidak hanya itu, di desa ini memiliki budaya kesenian kuda kepang yang selalu dapat dinikmati oleh wisatawan, hanya merogoh kocek seribu rupiah anda sudah dapat menyaksikan pertunjukan unik tersebut.

Dengan rindangnya pepohonan dan sejuknya suasana di dalam desa ini membuat wisatawan enggan beranjak cepat-cepat, tentunya desa wisata ini juga menyediakan tempat penginapan.

Kamu dapat memilih bentuk penginapan seperti apa yang diinginkan, untuk Homestay kamu harus merogoh kocek sebesar Rp300 ribu hingga Rp700 ribu tergantung lokasi yang diinginkan. Tentunya Homestay ini memiliki fasilitas yang lengkap.

Homestay Desa Wisata Belitar Seberang. Foto, Istimewa

Sedangkan bagi yang ingin lebih merasakan bercengkrama dengan alam, dapat menginap di Forrest Gump Glamour Camp dengan tarif Rp300 ribu.

Selama berada di desa ini, pengunjung dapat melakukan aktivitas yang menarik dan menyenangkan. Tidak kalah menarik, bisa menikmati beberapa keindahan Air Terjun.

Salah satunya adalah Air Terjun Tri Sakti. Untuk dapat sampai ke daerah iniharus menumpuh jarak kurang lebih 2 kilometer. Sebelum memasuki kawasan harus membayar Rp20 ribu, untuk mendapatkan tiket.

Dalam perjalanan Menuju Air Terjun Tri Sakti wisatawan akan melalui rute yang cukup terjal. Pengunjung akan disuguhkan oleh Air Terjun lain sebelum sampai di Air Terjun Tri Sakti, biasanya air terjun tersebut merupakan tempat beristirahat wisatawan lain. Juga terdapat mata air panas yang bisa dijangkau oleh wisatawan.

Setelah menempuh waktu 15 menit, wisatawan akan sampai di Air Terjun Tri Sakti. Suasana di Air terjun ini cukup dingin dengan ketinggian mencapai 100 meter.

Homestay Desa Wisata Belitar Seberang. Foto, Istimewa

Di tempat ini wisatawan bisa melakukan olahraga yang menguji adrenalin yaitu bermain Canyoning dengan ketinggian 80 meter, dengan membayar harga sebesar Rp350 ribu saja.

Sebelum pulang, jangan lupa membawa oleh-oleh khas desa yang banyak ragamnya. Ada kuliner seperti Cimlung Ubi seharga Rp20 ribu, Kopi Gula Aren seharga Rp20 ribu, Cenil Rp20 ribu, Gula Aren khas desa wisata Belitar Seberang dengan harga Rp25 ribu serta berbagai kerajinan tangan.

Untuk rute menuju desa tersebut bisa menempuh waktu kurang lebih selama 3 jam, desa ini berseberangan dengan bukit kaba. Wisatawan dapat menggunakan transportasi mobil ataupun motor untuk sampai di desa tersebut.

Baca Juga
Tinggalkan komen