Logo

Bus Layak Jalan Ditandai Stiker dari Dishub

KOTA BENGKULU – Menjelang masa mudik lebaran, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bengkulu segera melakukan ramp check terhadap Bus di beberapa terminal di Bengkulu.

“Untuk mengetahui kelayakan atau tidaknya untuk dioperasikan mudik lebaran ini, kita akan segera melakukan ramp check besrsama-sama dengan polda, ditemani Jasa Raharja juga,” ujar Kepala LLAJ Dishub Provinsi Bengkulu Hasoloan Sormin, Senin (4/6/2018).

Selanjutnya, Kata Sormin untuk yang tidak layak nantinya, pihaknya tidak akan memberikan rekomendasi untuk bisa melakukan kegiatan selama lebaran dan akan dilarang beraktifitas.

“Nanti itu ada stiker yang akan ditempelkan di kendaraannya apabila kita sudah cek dan pastikan layak, tapi yang tidak layak beroperasi kita tidak akan merekomedasikannya,” tambahnya.

Selain itu, Sormin menyebutkan pemudik di tahun ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya diprediksi akan meningkat. Hal tersebut bisa dilihat dari libur lebaran yang lumayan panjang.

“Jadi kita prediksi lonjakan penumpang nantinya akan berdampak, baik itu angkutan darat, penerbangan maupun penyebrangan,” tambahnya.

Sementara itu, pihaknya juga akan berkordinasi dengan Dishub kota agar pariwisata atau pantai panjang juga bisa terjangkau secara efektif dengan tranportasi umum seperti angkot.

“Nanti juga kita kordinasi dulu, apakah mereka punya kebijakan atau berbentuk regulasi supaya angkot dibengkulu bisa melakukan pelayanan disana atau trayek disana dengan tujuan agar memudahkan masyarakat,” tutupnya.