Logo

BMKG Imbau Waspada Gelombang Tinggi Capai 6 Meter di Perairan Bengkulu

BENGKULU – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Fatmawati Soekarno Bengkulu menyebut, gelombang dengan ketinggian hingga enam meter masih akan terjadi wilayah laut Bengkulu.

Prakirawan cuaca BMKG Fatmawati Soekarno Bengkulu, Tarigan mengatakan, gelombang tinggi tersebut akan terjadi di wilayah perairan Bengkulu, perairan Enggano dan perairan Samudera Barat Daya Bengkulu.

“Berdasarkan analisa kami BMKG Bengkulu, yaitu stasiun meterologi Fatmawati Soekarno Bengkulu, untuk tiga hari kedepan, yaitu dari tanggal 27 hingga tanggal 29 September 2022, diperkirakan masih berpotensi terjadi gelombang tinggi di wilayah perairan Bengkulu mencapai 3 meter, wilayah perairan Enggano 4 meter, dan perairan Samudera Barat Daya Bengkulu setinggi 6 meter,” jelas Tarigan, Selasa (27/09).

Tarigan mengungkapkan, penyebab gelombang tinggi tersebut masih adanya potensi perubahan angin yang bergerak dari Benua Australi. Masyarakat khususnya nelayan dan kapal penyeberangan untuk waspada.

Sementara itu, selain gelombang tinggi, masyarakat juga diimbau hati-hati terhadap cuaca ekstrem pada tanggal 30 September hingga 2 Oktober Tahun 2022 mendatang.

Sebab, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang akan melanda hampir seluruh wilayah di Provinsi Bengkulu yang dapat menyebabkan bencana alam seperti longsor, pohon tumbang, serta banjir.

“Tanggal 30 September hingga tanggal 2 Oktober tahun 2022, kita masuk kategori waspada, karena itu masuk musim hujan hamper di seluruh wilayah Provinsi Bengkulu. Dampaknya akan terjadi bencana seperti longsor, dan banjir,” demikian Tarigan.