Bingung Pilih Router Wifi Terbaik dan Berkualitas? Ini Caranya!

Bingung Pilih Router Wifi Terbaik dan Berkualitas? Ini Caranya!

Ilustrasi

TEKNOLOGI – Kebutuhan akses internet cepat kini membuat pekerjaan menjadi lebih cepat dan sudah menjadi gaya hidup baru. Salah satu faktor yang dapat menentukan kecepatan internet yakni, router wifi.

Perangkat tersebut memiliki kegunaan untuk menerima sekaligus memancarkan kembali sinyal internet di area tertentu dengan jangkauan tertentu pula.

Nah, bagi Anda yang sedang membutuhkan router ideal. Pastikan untuk mengetahui beberapa tips dalam memilih router paling tepat, diantaranya sebagai berikut

Kebutuhan Kecepatan Wifi

Sebelum Anda membeli router untuk rumah, pastikan untuk memilih kecepatan router yang diperlukan. Hal ini karena setiap router memiliki kecepatan sangat beragam mulai dari 350 Mbps hingga 1.099 Mbps.

Masalah tersebut Anda bisa bertanya secara langsung dengan penyedia maupun tempat penjualan router untuk penggunaan paling sesuai untuk rumah. Kebutuhan kecepatan wifi akan dipengaruhi oleh banyaknya pengguna yang diatur dalam bentuk bandwith.

Pastikan Anda mengetahui kebutuhan kecepatan yang diinginkan agar nantinya saat semua orang di keluarga Anda menggunakannya tidak mengalami lag maupun masalah.

Biasanya, pihak penyedia layanan akan memberikan beberapa jenis paket untuk memenuhi kebutuhan router wifi Anda. Pastikan untuk memilih dengan tepat.

Pemakaian Teknologi Dual Brand dan Network

Kemudian, Anda perlu mengecek penggunaan network pada router. Biasanya pemakaian jenis jaringannya dual brand, maksudnya teknologi dua radio untuk menerima sinyal. Satu radio untuk kecepatan 2,4 GHz sedangkan kecepatan lainnya maksimal 5 GHz.

Kedua jenis kecepatan tersebut dapat membantu Anda mudah dalam mengakses internet menjadi lebih cepat seperti transfer data, game online hingga streaming.

Anda juga perlu melakukan pengecekan network standar wirelessrouter. Standar network router sekarang adalah 8-2.11n.Meskipun demikian,ada pabrik yang menjual versi 802.11ac.

Pastikan Anda membeli standar baru karena harga lebih murah dan kecepatan cenderung lebih cepat. Standar lama bisa Anda gunakan apabila dirasa cukup dan memiliki kecepatan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Namun, jenis router baru dilengkapi dengan fasilitas tertentu yang membuat performa-nya bagus. Selain itu, harganya memang cenderung lebih terjangkau.

Pengecekan Antena Router Wifi

Penggunaan antenna pada router wifi memiliki kegunaan untuk menangkap sinyal dari internet. Kemudian, antena dapat memancarkan sinyal pada area rumah. Pastikan jenis router yang dipilih mepunyai antenna eksternal.

Hal itu dapat membuat sinyalnya cenderung stabil saat dipakai tanpa merasa cemas sekat maupun pada bidang lain yang menghalanginya.

Bukan sekedar antenna eksternal, pemakaian antenna internal juga dinilai penting untuk diperiksa. Ketika membeli pastikan pula untuk mengetahui antenna internal dalam kondisi baik.

Sehingga, Anda dapat memperoleh sinyal dan memancarkannya kembali secara baik dan Anda dapat memakai internet secara mulus. Hal itu akan mempengaruhi tingkat kestabilan bagi router untuk menangkap sinyal.

Pastikan port USB bersesuaian dengan perangkat dan lakukan pengecekan keamanan. Hal itu dilakukan agar pemakaian router sesuai dengan kebutuhan dan menyesuaikan dengan perangkat yang ada di rumah.

Selain itu, sinyal yang dipancarkan juga lebih sinkron dengan berbagai peralatan di rumah. Hal itu memudahkan Anda dalam menjalankan peralatan smart home.

Router wifi memberikan nuansa baru untuk rumah Anda agar tampak lebih hidup. Anda bisa mengerjakan tugas dengan lancer tanpa hambatan. Selain itu, Anda tidak perlu ke bioskop untuk melihat film karena Anda bisa membuka channel film melalui web resminya.

Nah, bagi Anda yang ingin memenuhi kebutuhan router wifi dengan kualitas terbaik dan original. Selain itu, berminat mendapatkan banyak promo dengan harga kompetitif serta premium. Tunggu apalagi segera Kunjungi Blibli.com aja!

Baca Juga
Tinggalkan komen