Logo

Biar Bisa Mandiri, Mahasiswa IAIN Bengkulu Diajarkan Berwirausaha

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Sebanyak 230 mahasiswa Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu yang terdiri dari 60 Fakultas FEBI dan 170 Fakultas Syariah mengikuti kegiatan kewirausahaan Rumah Kedelai Bliten yang bertajuk “Kreasi Olahan Tanpa Limbah”. Hal ini menuntut mahasiswa untuk bisa mandiri dalam membuka usaha sendiri.

Dalam kegiatan ini mahasiswa diajarkan untuk kreatif mengolah kedelai sehat tanpa limbah. Rumah kedelai juga sudah berhasil memproduksi beraneka ragam makanan yang bahannya berasal dari 100% kedelai dan 85% serat kedelai.

Mahasiswa diajarkan mulai dari penggilingan, lalu sari kedelai hasil penggilingan akan dimanfaatkan untuk membuat susu kedelai, tahu dan aneka puding. Kegiatan penggilingan juga menghasilkan serat (ampas) kedelai. Serat itu akan dimanfaatkan untuk pembuatan aneka olahan donat serat kedelai, tekwan serat kedelai, dan brownies kukus.

Untuk air hasil perebusan tahu, akan dimanfaatkan membuat kecap dan wedang jahe. Yang membedakan aneka olahan kedelai oleh mahasiswa kelompok kewirausahaan Rumah Kedelai Bliten IAIN Bengkulu yaitu tekstur lebih padat, bisa langsung dimakan, lebih manis, warna kedelai asli berwarna cream dan satu hal yang membuat tahu mereka berbeda dari tahu pada umumnya yaitu tahu mereka dibuat menggunakan sari bahari yaitu ekstrak air laut dipermentasikan yang didapatkan di Blitar.

Kegiatan kewirausahaan rumah kedelai ini akan berlanjut pada kegiatan bazar, dalam kegiatan bazar nanti mereka akan membentuk kelompok dan akan memperlihatkan olahan mereka sendiri yaitu aneka kreasi olahan kedelai sehat seperti tahu beserta aneka susu kedelai, donat dan olahan tahu sehat.(prw)