Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Basarnas Evakuasi Penumpang Kapal Pan Europe Asal UK

BEBGKULU – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Bengkulu melakukan evakuasi atau Medevac (Medical Evacuation) kepada salah satu penumpang Kapal Pan Europe. Kabar tersebut diterima oleh pihak basarnas pada Sabtu (30/09/23), pukul 19.50.

Kepala Kantor Basarnas Bengkulu, Muslikun Sodik menuturkan setelah mendengar informasi tersebut segera meminta tim untuk melakukan evakuasi. Ia meminta Kasubsi Operasi untuk merencanakan pergerakan dan menentukan koordinat yang aman.

Setelah merencanakan pergerakan disepakati titik temu atau titik intercepat berada di posisi 3° 53’31.44”S – 102° 12’19.90”E yang berjarak 6 Nm dengan radial 277.22° ke arah Barat-Barat Laut dari Pelabuhan Pulau Baai.

Informasi yang diperoleh diketahui bahwa penumpang merupakan warga negara asing asal Inggris bernama Atkinson (43). Ia mengalami sakit di bagian dada disertai nyeri dan jantung berdenar-debar. Kapal Pan Uerope yang dinaiki berjenis kapal Tenker berlayar dari hazira, Gujarat, India menuju Barron Island, Australia Barat.

Tim Rescue Basarnas dan Tim SAR Gabungan dari Lanal, KKP, Syahbandar, Agen Kapal, Imigrasi serta KSKP menuju lokasi di titik intercept pada pukul 21.00 Wib dan  tiba di lokasi pada pukul 22.20 Wib.

Setelah melakukan pengecekan terhadap Atkinson, kru kapal terebut  dibawa menuju Pelabuhan Pulau Baai dan  tiba pada pukul 22.40 Wib. Atkinson segera dicek kesehatan oleh pihak KKP Bengkulu dan Pada pukul 23.40 Wib langsung dibawa menuju Rs. Tiara Sella untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan dengan menggunakan Ambulance KKP.

“Terima kasih banyak kepada Tim SAR Gabungan yang telah membantu evakuasi tersebut sehingga Mr. Atkinson bisa dievakuasi menuju Rumah Sakit,” demikian Muslikun.

Baca Juga
Tinggalkan komen