Logo

Baru Saja Rilis, Intip Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

tangkapan layar : https://www.samsung.com/id/

tangkapan layar : https://www.samsung.com/id/

Samsung baru saja meluncurkan ponsel pintar mereka pada kelas menengah (mid-range) yaitu pada series A, yaitu Samsung Galaxy A54 5G dan A34 5G pada Rabu (15/03)23) lalu.

Seperti biasa Samsung selalu melakukan peningkatan pada series A ini, dikarenakan peminatnya yang cukup banyak. A54 5G sendiri adalah suksesor dari Samsung A53 yang diluncurkan Maret 2022. Sebagai penurus series A50an ini, smartphone ini data dengan pembaharuan yang tentu saja lebih canggih.

Dari tampilannya Samsung Galaxy A54 5G ini tampil dengan design yang serupa dengan ponsel flagship (kelas atas) dari keluarga Galaxy S-series, yakni S23 dan S23 Plus, karena pada tampilannya ponsel kelas menengah ini tidak lagi memimiliki modul kamera belakangan.

Dengan berbagai macam warna yang membuatnya sangat stylish A54 5G ini hadir dengan 4 warna, yaitu Lime, Awsome Black, Awsome Violet, dan Awsome White.

Selain itu untuk body ponsel ini juga telah menggunakan lapisan kaca pelindung Gorilla Glass 5 pada punggung perangkat. Sehingga memberikan kesan glossy.

Selanjutnya spesifikasi yang dimiliki Samsung Glaxy A54 5G memiliki rating IP67. , dimana sepsifikasi IP67 ini adalah suatu spek yang membuat ponsel tersebut tahan air dan debu.Berdasarkan kondisi uji laboratorium untuk perendaman hingga 1 meter di air tawar selama 30 menit. Tidak disarankan untuk digunakan di pantai atau kolam renang. Ketahanan air dan debu pada perangkat tidak permanen dan dapat berkurang dengan seiring waktu.

Samsung Galaxy A54 5G datang dengan tiga kamera yang diposisikan secara vertikal di sisi bagian kiri atas. Konfigurasi dari kamera belakangnya adalah kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera ultra-wide 12 MP (f/2.2), dan kamera makro 5 MP. Kamera tersebut mengalami peningkatan karena menggunakan sensor IMX766 dengan ukuran sensor 1/5,6 inci dan tiap piksel berukuran 1 mikron.

Kamera utama 50 MP juga dibekali fitur OIS (Optical Image Stabilization). Keuntungan dari peningkatan ini bakal membuat foto atau video yang diambil lebih stabil ketimbang sebelumnya.

Samsung A54 datang dengan layar Super AMOLED seluas 6,4 inci dan menawarkan resolusi Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, rasio layar 19,5:9, dan tingkat kecerahan maks 1.000 nits. Layar dihiasi poni berlubang (punch hole) yang memiliki nama “Infinity-O”. Poni tersebut berfungsi untuk menampung kamera selfie beresolusi 32 MP.

Samsung Galaxy A54 ditenagai chipset bikinan Samsung, Exynos 1380, yang dirancang dengan arsitektur 5nm. Performa chipset ini diklaim mengalami peningkatan CPU 20 persen dan GPU 26 persen dari Exynos 1280 yang diandalkan pendahulunya.

Chipset dipadu dengan RAM 8 GB dan penyimpanan media 128/256 GB. Bila dirasa kurang, ruang penyimpanan bisa diperluas menggunakan slot microSD yang tersedia hingga 1 TB. Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 13 yang dipoles dengan antarmuka khas Samsung, OneUI 5.1. Soal daya, Galaxy A54 ditopang baterai berkapasitas 5.000mAH dengan fast charging 25 watt.