Logo

Bangun Kota Mandiri, Orientasi Anggaran Untuk Rakyat

bengkulunews.co.id – GUNA menyelaraskan prioritas sasaran dan program Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu yang bersinergi dengan Pemprov Bengkulu juga pemerintah pusat, Pemkot melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) gelar Musrenbang. Musyawarah Rencana Pembangunan  sebagai penyempurnaan Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk tahun 2017 mendatang.

Walikota bengkulu, Helmi Hasan membuka kegiatan tersebut pada Rabu (23/3) di sebuah hotel Kota Bengkulu. Dalam sambutannya, Walikota Bengkulu Helmi Hasan mengharapkan bahwa Musrenbang ini bertujuan  dengan program-program pro rakyat. Salah satu Program yang pro rakyat adalah program Samisake yang memberikan, membuka peluang usaha baru dan membuat masyarakat untuk berfikir kreatif dan inovasi dalam pemberantasan kemiskinan. Masyarakat miskin karena tidak memiliki modal, dengan bantuan modal akan membuat peluang-peluang peningkatan ekonomi masyarakat.

Program yang dirancang juga sesuai dengan kebutuhan masyarakat, tepat sasaran, efektif dan efisien. Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan Program/Kegiatan Prioritas yang akan didanai APBN Kota Bengkulu, Program dan Kegiatan yang akan diusulkan untuk didanai oleh APBN Provinsi Bengkulu dan APBN pusat. Serta RKPD Kota Bengkulu dan Rancangan Renja-SKPD yang telah disempurnakan.

Walikota menambahkan, kerjasama antara pihak legislatif dan yudikatif sangat berperan penting mensukseskan program-program pemerintah, terkhusus Kota Bengkulu. Keberhasilan sebuah pembangunan bisa terwujud jika semua komponen dapat bersatu dalam menciptakan pembangunan Kota Bengkulu lebih Baik dan Bersinar.

“Semoga kota Bengkulu bisa menjadi kota yang mandiri di tahun 2017,” ucap Helmi.

Hadir dalam kegiatan tersebut,  Asisten II Pemprov Bengkulu Iskandar ZO serta Unsur FKPD Kota Bengkulu, Sekda, Asisten serta Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Daerah Kota Bengkulu, Camat, Lurah, Akademisi, Unsur Ormas, LSM, dan sebagainya. (Hms/rls)