Logo

Badai, Dua Hari Nelayan Tak Berpenghasilan

Cuaca buruk membuat para nelayan tidak melaut

bengkulunews.co.id – Cuaca yang tidak menentu hari ini, Selasa (24/1), membuat para nelayan di pesisir Pantai Kota Bengkulu, terpaksa tidak turun melaut. Mereka terpaksa menghentikan aktivitasnya karena kondisi gelombang laut sedang berbahaya, efeknya para nelayan tidak berpenghasilan selama dua hari ini.

Hal ini disampaikan Yanto (37), salah seorang nelayan asal Kelurahan Berkas, cuaca buruk  yang melanda Kota Bengkulu sejak Senin lalu berpengaruh terhadap penghasilan yang biasa ia dapatkan ketika cuaca sedang cerah.

“Ya cuaca sedang buruk, bagaimana mau melaut. Terpaksa dalam dua hari ini tidak punya penghasilan untuk belanja dapur,” katanya.

Yanto menambahkan, penghasilan yang ia dapat ketika cuaca cerah juga sering tidak terlalu memuaskan. Tidak jarang dirinya harus meminjam uang untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Apalagi jika harus berhadapan dengan cuaca badai. Penghasilan yang sebelumnya minim malah menjadi tidak ada sama sekali.

“Selagi cerah saja penghasilan kita minim, apalagi ditambah badai” ucap Yanto ketika ditemui bengkulunews.co.id saat sedang merapikan peralatan melautnya di tepi pantai.

Selain memikirkan keselamatan diri mereka juga menyadari kualitas kapal mereka yang tidak mampu jika harus diterjang ombak besar. Maka dari itu, mereka sepakat untuk menghentikan pekerjaan mereka sementara sampai cuaca cerah.(Alwin)